PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DENGAN MATERI MENGHAFAL SURAT AN-NAHL AYAT 125 DAN ARTI PADA SISWA KELAS XII 1 PK DI MA PONDOK PESANTREN QODRATULLAH LANGKAN BANYUASIN III

Ulandari, Dewi (2017) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DENGAN MATERI MENGHAFAL SURAT AN-NAHL AYAT 125 DAN ARTI PADA SISWA KELAS XII 1 PK DI MA PONDOK PESANTREN QODRATULLAH LANGKAN BANYUASIN III. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Dewi Ulandari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits dengan Materi Menghafal Surat An-Nahl Ayat 125 dan Arti pada Siswa Kelas XII 1 PK di MA Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Siswa yang dijadikan objek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII.1 PK (Program Keagamaan) Madrasah Aliyah Putri Pondok Pesantren Qodratullah Langkan dengan jumlah siswa 37 orang dengan jenis kelamin semua 37 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari sampai dengan bulan Maret semester genap 2016/2017 melalui II siklus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang terdiri atas 5 (lima) Bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Al- Qur‟an Hadits dengan materi menghafal surat An-Nahl ayat 125 dan arti pada siswa kelas XII 1 PK di MA Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar Al- Qur‟an Hadits dengan materi menghafal surat An-Nahl ayat 125 dan arti pada siswa kelas XII 1 PK di MA Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran AlQur‟an Hadits. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dimana diawali dengan kegiatan prasiklus terlebih dahulu. Dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi (Pengumpulan Data) dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh data bahwa pada kegiatan pembelajaran prasiklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 9 siswa (24,32%), kemudian hasil penelitian belajar pada siklus I dengan ketuntasan belajar mencapai 29 siswa dengan persentase 78,37%. Dan hasil penelitian pada siklus II dengan melihat hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 37 siswa dengan persentase 100%. Setelah melihat perkembangan mengenai hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, maka penerapan metode pembelajaran Make a Match dapat memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada pelajaran Al-Qur‟an Hadits dengan materi menghafal surat An-Nahl ayat 125 dan arti pada siswa kelas XII 1 PK di MA Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:40
Last Modified: 10 Sep 2021 06:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9720

Actions (login required)

View Item View Item