HIDAYATULLAH, KABUL (2019) DAMPAK POLA KOMUNIKASI HUBUNGAN JARAK JAUH ANTARA ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Dampak Pola Komunikasi Hubungan Jarak Jauh Antara Orang Tua dan Anak Terhadap Kecerdasan Emosional (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komuniasi UIN Raden Fatah Palembang). Banyaknya mahasiswa yang berasal dari luar kota Palembang untuk melanjutkan pendidikan sehingga harus tinggal jauh dari orang tua menyebabkan pola komunikasi yang terjadi antara orang tua dan anak tidak lagi seperti tinggal serumah karena komunikasi dilakukan menggunakan media seperti telepon tidak berkomunikasi secara tatap muka. Ketidakhadiran orang tua setiap saat dan setiap waktu akan menyebabkan permasalahan yaitu, pola komunikasi yang terjalin efektif menjadi tidak efektif lagi karena komunikasi kurang antara orang tua dan anak sehingga menimbulkan hubungan emosional antara orang tua dan anak yang terjalin menjadi berkurang. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui Bagaimana pola komunikasi hubungan jarak jauh yang terjadi antara orang tua dan anak, dan Apa dampak pola komunikasi hubungan jarak jauh antara orang tua dan anak terhadap kecerdasan emosional anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, peneliti mengambil 10 responden mahasiswa dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2017.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peneliti dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Bentuk komunikasi yang terjadi adalah komunikasi interpersonal, dimana orang tua dan anak melakukan komunikasi menggunakan media sebagai alat bantu komunikasi. Pola komunikasi yang dominan dipakai dalam hubungan jarak jauh antara orang tua dan anak adalah pola komunikasi sekunder, proses penyampaian oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua. Pola komunikasi keluarga mereka menggunakan model Interaksional, didalam interaksi, keluarga yang aktif menyampaikan pesan tertentu tidak hanya dari orang tua kepada anak, tetapi juga sebaliknya. Dampak pola komunikasi jarak jauh antara orang tua dan anak terhadap kecerdasan emosional anak setelah tinggal jauh dari orang tua. Mahasiswa memiliki kecerdasan emosional yang cukup baik, mereka memiliki kemampuan dalam pengenalan kesadaran emosi diri, mengelola emosi diri, mengenali emosi orang lain memotivasi diri serta membina hubungan sosial dengan orang lain. Walaupun terkadang masih membutuhkan masukan dan perhatian dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 06:42 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 06:42 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9756 |
Actions (login required)
View Item |