MEKANISME JUAL BELI KELAPA SAWIT DALAM TINJAUAN FIQH MUAMALAH DI DESA KARANG MANUNGGAL KECAMATAN PULAU RIMAU KABUPATEN BANYUASIN.[SKRIPSI]

Nur'aini, Nur'aini (2017) MEKANISME JUAL BELI KELAPA SAWIT DALAM TINJAUAN FIQH MUAMALAH DI DESA KARANG MANUNGGAL KECAMATAN PULAU RIMAU KABUPATEN BANYUASIN.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR'AINI (1317057).pdf

Download (977kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Sebagai mahluk social manusia tentu tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain dan dituntut untuk dapat bermasyarakat untuk menunjang kehidupannya. Salah satu diantaranya yaitu melakukan perdagangan (jual beli) seperti yang dilakukan di desa Karang Manunggal merupakan salah satu bentuk usaha dagang mengenai jual beli dengan system Gharar (ketidakjelasan dalam harga) dengan system pembayaran tertunda (berhutang) dan prakteknya. Dan dalam melakukan jual beli hendaknya pembeli memberi kesepakatan dalam harga kepada penjual agar tidak terjadi saling merugikan dan terputusnya silaturrahin antara penjual dan pembeli, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam hukum islam mengenai syarat jual beli yaitu adanya kesepakatan dalam harga. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme jual beli kelapa sawit di desa Karang Manunggal Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin dan bagaimana Tinjauan fiqh muamalah terhadap mekanisme jual beli kelapa sawit di desa karang Manunggal Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten banyuasin. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan sumber data yang dikumpulkan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian data tersebut di analisa dengan menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu mengumpulkan data-data yang telah ada kemudian data-data tersebut dikelompokan kedalam kategori-kategori berdasarkan persamaan jenis data tersebut, dengan tujuan dapat menggambarkan permasalahan yang diteliti, kemudian di analisa dengan menggunakan teori fiqh muamalah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktek jual beli yang dilakukan di desa Karang Manunggal menggunakan system tidak tertulis tanpa adanya kesepakatan dalam harga antara kedua belah pihak. Kemudian dalam Tinjauan fiqh muamalah praktek yang dilakukan tidak memenuhi rukun dan syarat jual beli sebagaimana yang telah ditetapkan dalam hukum islam. Demikian sekilas penjelasan mengenai penulisan skripsi ini dan penulis berharap bermanfaat bagi kita semua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Fiqh Mu‟amalah, Sistem Gharar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Jul 2017 02:28
Last Modified: 13 Jul 2017 02:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item