PENGUJIAN EMOTIONAL SHOPPING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ANTARA PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PT TRANS RETAIL INDONESIA DI PALEMBANG SQUARE

PERTIWI, VESSY (2018) PENGUJIAN EMOTIONAL SHOPPING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ANTARA PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PT TRANS RETAIL INDONESIA DI PALEMBANG SQUARE. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Vessy Pertiwi (14190342).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Impulse buying merupakan salah satu ciri perilaku konsumen yang harus dipahami oleh para retailer atau produsen, ketika konsumen berhadapan dengan suatu produk. Peningkatan pendapatan konsumen menyebabkan kebutuhan konsumen ikut meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan jumlah belanja konsumen. Faktor yang dapat mempengaruhi impulse buying terhadap sebuah ritel adalah price discount dan store atmosphere. Sedangkan emotional shopping merupakan faktor penentu yang penting yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam penelitian ini. Carrefour sebagai salah satu toko retail selalu menciptakan lingkungan belanja yang nyaman dan mengarah pada pendekatan pola perilaku positif, dengan program potongan harga untuk menarik minat konsumen sehingga menciptakan perilaku impulse buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengujian emotional shopping sebagai variabel intervening antara price discount dan store atmosphere terhadap impulse buying pada konsumen Carrefour PT Trans Retail Indonesia di Palembang Square. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Skala interval yang digunakan dalam penelitian ini adalah bipolar adjective, pada rentang interval 1-10. Sampel penelitian ini adalah konsumen Carrefour dengan jumlah 120 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa price discount dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional shopping, price discount dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, serta emotional shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Kata Kunci: Price Discount, Store Atmosphere, Emotional Shoppind, Impulse Buying

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:44
Last Modified: 13 Sep 2021 01:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9948

Actions (login required)

View Item View Item