ANALISIS PENERAPAN MARKETING SYARIAH DI KOPERASI MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Prabowo, Agung (2016) ANALISIS PENERAPAN MARKETING SYARIAH DI KOPERASI MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Agung Prabowo.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Persaingan dalam bisnis usaha kecil menengah yang di jalankan oleh koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang tidak dapat dihindarkan, perlu adanya pembaharuan dalam sistem pemasaran. Dalam kondisi semacam itu menyadarkan kita bahwa etika dan moral dalam suatu bisnis menjadi suatu keharusan. Pada lingkungan bisnis yang tidak jarang mengabaikan etika, merupakan sumber yang semakin langka bagi perusahaan. Dan tak hanya langka, ia merupakan sumber yang bisa diangkat menjadi komponen paling penting daya saing suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem marketing di koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dan untuk mengetahui apakah koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang telah menerapkan marketing syariah. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung kepada ketua bidang usaha koperasi mahasiswa di koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Kriteria yang dijadikan sampel adalah koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Dari hasil wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang telah menerapkan marketing syariah dalam praktek marke Persaingan dalam bisnis usaha kecil menengah yang di jalankan oleh koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang tidak dapat dihindarkan, perlu adanya pembaharuan dalam sistem pemasaran. Dalam kondisi semacam itu menyadarkan kita bahwa etika dan moral dalam suatu bisnis menjadi suatu keharusan. Pada lingkungan bisnis yang tidak jarang mengabaikan etika, merupakan sumber yang semakin langka bagi perusahaan. Dan tak hanya langka, ia merupakan sumber yang bisa diangkat menjadi komponen paling penting daya saing suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem marketing di koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dan untuk mengetahui apakah koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang telah menerapkan marketing syariah. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung kepada ketua bidang usaha koperasi mahasiswa di koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Kriteria yang dijadikan sampel adalah koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Dari hasil wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa koperasi mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang telah menerapkan marketing syariah dalam praktek marketingnya. Hal itu bisa dilihat dari segala aktivitas marketing yang selalu melibatkan nilai-nilai agama. Selain itu juga tidak adanya praktek riba, tidak menjual produk yang haram seperti minuman keras dan rokok serta turut dalam melakukan aktivitas sosial seperti berbagi makanan ketika berbuka puasa, mengunjungi panti asuhan serta membayar zakat. Kata kunci: Koperasi mahasiswa, marketing syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? HC ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:46
Last Modified: 13 Sep 2021 01:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9989

Actions (login required)

View Item View Item