Implementasi Therapeutic Community (TC) Pada Rehabilitasi Penyalahguna NAPZA di Yayasan Pusat Rehabilitasi NAPZA Ar Rahman Palembang

Dana, Muhammad Putra (2018) Implementasi Therapeutic Community (TC) Pada Rehabilitasi Penyalahguna NAPZA di Yayasan Pusat Rehabilitasi NAPZA Ar Rahman Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Begitu besarnya dampak, permasalahan, dan kerugian yang disebabkan oleh permasalahan NAPZA membuat pemerintah menyatakan perang terhadap NAPZA. Tidak hanya dengan melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan, akan tetapi dengan melakukan upaya rehabilitasi bagi orang yang telah terlanjur menggunakan NAPZA. Salah satu metode yang sering digunakan dalam merehabilitasi penyalahguna NAPZA adalah metode T h e r a p e u tic C o m m u nit y . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai manfaat dari implementasi metode T h e r a p e u tic C o m m u nit y pada penyalahguna NAPZA dan bentuk-bentuknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik p u r p o siv e s a m plin g . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipan. Adapun teknik analisis data yang digunakan menggunakan metode Miles dan Hubberman melalui tiga tahap yakni data reduction, data display, dan c o n clu sio n d r a win g a n d v e rivic a tio n . Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji dependabilitas (reliabilitas), dan uji triangulasi perspektif (validitas). Penelitian ini menyimpulkan dua poin dimana yang pertama adalah bahwa implementasi therapeutic community dapat memberikan dampak positif bagi penyalahguna NAPZA, melalui jadwal kegiatan yang cukup padat dari pagi hari hingga malam hari dengan diajarkan kedisiplinan dan kemandirian dalam kebersamaan antar penyalahguna NAPZA berupa perkembangan pola hidup sehat serta pengendalian emosi. Adapun bentuk-bentuk therapeutic community yang dilakukan diantaranya berupa morning meeting, wrap-up, dan religi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Psikologi > 73201 - Psikologi Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:09
Last Modified: 13 Sep 2021 06:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10324

Actions (login required)

View Item View Item