PENGARUH TAYANGAN “DUNIA BINATANG” DI TRANS 7 TERHADAP PENGETAHUAN ANAK-ANAK (STUDI PADA SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR NEGERI 02 TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN)

Fajaria, Yulistiani (2019) PENGARUH TAYANGAN “DUNIA BINATANG” DI TRANS 7 TERHADAP PENGETAHUAN ANAK-ANAK (STUDI PADA SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR NEGERI 02 TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Tayangan Dunia Binatang di Trans 7 Terhadap Pengetahuan Anak-Anak” (Studi Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Negeri 02 Talang Kelapa). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Tayangan Dunia Binatang di Trans 7 Terhadap Pengetahuan Anak-Anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang mengambil data melalui penyebaran kuesioner serta memiliki variabel bebas (X) dan variabel terkait (Y) yaitu Pengaruh Tayangan Dunia Binatang di Trans 7 (X) dengan aspek intensitas, mental imagery, isi pesan, penyajian pesan, dan penyusunan pesan. Sedangkan, Pengetahuan Anak-Anak (Y) dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini berjumlaah 139 siswa dan dijadikan sampel sebanyak 20% yaitu 28 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan skala likert, observasi dan dokumentasi. Seluruh data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dianalisis menggunakan program SPSS versi 23. Untuk mengetahui kuesioner bisa atau tidak digunakan dalam penelitian maka terlebih dahulu dilakukan uji validasi dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk Pengaruh Tayangan Dunia Binatang di Trans 7 Terhadap Pengetahuan Anak-Anak digunakan rumus regresi linier sederhana. Sehingga diperoleh persamaan Y = 46,741 + 0,252X dan memiliki nilai sebesar 0,065 (65%), yang artinya termasuk korelasi yang kuat sifat hubungan positif dan saling berhubungan satu sama lain. Selanjutnya untuk mengetahui signifikan atau tidak signifikan antara variabel X dan Y dilakukan Uji Hipotesis (Uji t) dengan hasilnya thitung lebih besar dari ttabel (4.109 > 2.056), maka H1 diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh secara signifikan antara tayangan dunia binatang di Trans 7 dengan pengetahuan anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:32
Last Modified: 13 Sep 2021 07:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10500

Actions (login required)

View Item View Item