PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AYAT AL-QUR’AN DI KELAS VIII MTS AS-SALAM PALEMBANG

Anggraini, Nadira (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AYAT AL-QUR’AN DI KELAS VIII MTS AS-SALAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
A. BAB I.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. BAB V.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Model pembelajaran complete sentence, pengaruh, kemampuan menulis ayat Al-Qur’an. Complete sentence merupakan salah satu jenis model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini melatihkan siswa agar menyelesaikan paragraf. Model pembelajaran ini mengelompokkan siswa secara heterogen. Proses model pembelajaran kalimat lengkap di awali dengan penyampaian bahan ajar oleh guru setelahnya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk belajar menyelesaikan kalimat tidak lengkap. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence terhadap kemampuan menulis ayat Al-Quran pada siswa kelas VII di MTs As-Salam Palembang. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis ayat al-quran pada kelas control yang tidak menggunakan model complete sentence di MTs As-Salam Palembang. (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis ayat al-quran di kelas kontrol eksperimen menggunakan model complete sentence di MTs As-Salam Palembang. (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model-model complete sentence terhadap kemampuan menulis ayat al-quran di MTs As-Salam Palembang. Variabel di penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence (x) dan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis ayat al-quran (y). Untuk memperoleh hasil penelitian ini digunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence pada materi penulisan al-humazah dan at-takasur tentang hakikat cinta dunia dan melupakan kebahagiaan hakiki berpengaruh pada kemampuan menulis ayat al-quran siswa karena hasi tes eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran complete sentence
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:02
Last Modified: 14 Sep 2021 04:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

View Item View Item