EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROJECTED MOTION MEDIA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MAN 1 MUSI BANYUASIN

HIDAYAT, SYARIF (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROJECTED MOTION MEDIA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MAN 1 MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tetang efektivitas projected motion media dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI. penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak semua guru mengajarkan SKI secara menarik, dan tidak menggunakan metode bervariasi seperti menggunkan media. tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI yang diajar dengan menggunakan projected motion media pada kelas XI Mia3. 2). Gambaran minat belajar siswa pada mata pembelajaran SKI yang tidak diajar dengan menggunakan projected motion media pada kelas XI Mia1. 3). Efektivitas media pembelajaran projected motion terhadap minat belajar siswa pada mata pembelajaran SKI di kelas XI Mia 3dan 1 MAN 1 Musi Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Desain penelitian yang digunakan quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Mia MAN 1 Musi Banyuasin yang berjumlah 226 orang yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel penelitian berjumlah 68 orang yang dipilih dari 2 kelas dengan menggunakan teknik random kelas dan teknik matching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI yang menggunakan projected motion media sebesar 103,49. Dan yang tidak mengunakan projected motion media sebesar 91,59. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistic untuk minat belajar siswa yang menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 4.10 dan ttabel sebesar 2,72. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat siswa pada pembelajaran SKI yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunkan projected motion media dan yang tidak diajar dengan menggunakan projected motion media pada kelas XI MIA MAN 1 Musi Banyuasin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:12
Last Modified: 15 Sep 2021 06:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10665

Actions (login required)

View Item View Item