HAKEKAT PESERTA DIDIK PERSPEKTIF SYAIKH BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI (Studi Analisis Kitab Ta’limul Muta’allim)

Sutikno, Muhammad (2019) HAKEKAT PESERTA DIDIK PERSPEKTIF SYAIKH BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI (Studi Analisis Kitab Ta’limul Muta’allim). Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODOLOGI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP B.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Sutikno, NIM 1702012150. Hakekat Peserta Didik Perspektif Syaikh Burhanuddin Az-zarnuji (Sudi Analisis Kitab Ta’limul Muta’allim). Pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia untuk menjadi manusia yang sempurna (insan kamil). Sebagai objek dan subjek pendidikan adalah peserta didik. Untuk memperoleh ilmu pengetahuan, peserta didik dituntut untuk mengetahui dan menyadari hekekatnya sebagai makhluk biologis, makhluk paedagogis, makhluk sosial dan sebagai makhluk spiritual. Karena dengan mengetahui hakekatnya, ilmu pengetahuan akan dapat mudah dicapai dengan baik. Sebagai makhluk biologis berarti peserta didik adalah manusia yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara fisik. Makhluk paedagogis berarti peserta didik sebagai manusia homo educandum yang membutuhkan pendidikan. Makhluk sosial berarti peserta didik membutuhkan manusia lain untuk berkomunikasi dan melaksanakan tugas hidupnya masing-masing. Makhluk spiritual berarti peserta didik sebagai ahsani taqwim (sebaik-baiknya ciptaan) memiliki keyakinan akan adanya jiwa spiritual pada dirinya untuk mengabdikan dirinya kepada Allah SWT. Tesis ini membahas tentang Hakekat Peserta Didik Perspektif Syaikh Burhanuddin Az-zarnuji. Hakekat Peserta Didik yang dikemukakan oleh Syaikh Az-zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim memiliki nilai urgen terhadap pendidikan agama islam kontemporer. Tujuannya adalah untuk memaparkan tentang Hakekat Peserta Didik dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syaikh Az-zarnuji melalui pendekatan historis dan filosofis dan bertujuan untuk mengetahui urgensi Hakekat Peserta Didik Perspektif Syaikh Az-zarnuji dalam konteks Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Metode yang digunakan dalam pembahasan penelitian ini adalah metode deskriptif yang ditunjang oleh data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan (library research. Dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research), dapat menelaah, mengkaji, dan menganalisis serta dapat mempelajari berbagai literatur yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Tesis ini mengungkapkan bahwa Hakekat Peserta Didik Perspektif Syaikh Az-zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim meliputi beberapa aspek yaitu ; aspek biologis, paedagogis, sosial dan spiritual. Selain itu juga terdapat urgensi dalam konteks Pendidikan Agama Islam Kontemporer yang meliputi; pendidikan karakter, pendidikan spiritual, pendidikan sosial, pendidikan jasmani dan pembelajaran berbasis berpusat pada siswa (student’s centre learning). Kata Kunci: Hakekat, Peserta Didik, Al-Zarnuji.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? BL ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:27
Last Modified: 17 Sep 2021 06:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10951

Actions (login required)

View Item View Item