PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NURUL IMAN PALEMBANG

FEBRIANSYAH, MUHAMMAD (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Pada tataran kebijakan Kemendiknas sebenarnya telah memberikan perhatianya yang cukup besar terhadap pentingnya pembinaan nilai-nilai dan sikap melalui pendidikan agama. Pendidikan agama dan butir kebijakan tersebut bukan hanya mengacu kepada Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai suatu bidang studi, melainkan kepada seluruh upaya pembinaan kualitas keberagamaan siswa secara terpadu di sekolah. Namun demikian dalam tataran praktis (implikasi bidang studi PAI di sekolah) di atas, pelaksanaan pendidikan agama di sekolah-sekolah masih cenderung dipandang sebagai salah satu tugas PAI sebagai suatu bidang studi, implikasinya proses dan keberhasilan pembinaan imtak siswa lebih banyak mengandalkan guru agama sebagai pengampu bidang studi PAI di sekolah. Sikap sosial anak adalah kemampuan anak untuk dapat bekerja sama, berempati, berinteraksi, dan meniru perilaku positif, menghindari egosentris, antagonisme, agresifitas dengan semua orang yang ditemuinya, baik yang sebaya, maupun orang yang lebih dewasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap sosial siswa kelas X SMA Nurul Iman Palembang? Bagaimana sikap sosial siswa kelas X SMA Nurul Iman Palembang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap sosial siswa kelas X SMA Nurul Iman Palembang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data mengunakan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitiannya yaitu terdapat peran yang positif dan signifikan Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap sosial karena seorang guru Pendidikan Agama Islam khususnya di SMA NURUL IMAN Palembang selalu datang lebih cepat ke sekolah daripada siswa, selalu mengingatkan siswanya yang suka datang terlambat, mengajak dan mencontohkan untuk mematuhi peraturan yang ada di sekolah, membiasakan siswa melaksanakan tugas dengan baik dan disiplin. Selalu mengajak siswa untuk bekerjasama dalam hal membersihkan ruang kelas dan bekerjasama menjaga dan membersihkan lingkungan sekolah, karena Semakin tinggi kompetensi guru PAI dalam menumbuhkan sikap sosial dibenak siswa, maka akan semakin tinggi juga sikap Sosial siswa. Sikap Sosial disiplin dan kerjasama siswa sudah baik, siswa sudah berdisiplin dan bekerjasama di sekolah ditambah dengan peran guru Pendidikan Agama Islam menjadi cukup baik. Siswa selalu datang ke sekolah sebelum bel berbunyi dan siswa selalu bekerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, untuk mencontohkan sikap disiplin kepada siswa, guru selalu datang lebih cepat dari pada siswanya. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Sikap SosiaI

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:29
Last Modified: 17 Sep 2021 06:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10969

Actions (login required)

View Item View Item