PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PENINGKATAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG

AMRULLAH, AMRULLAH (2016) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PENINGKATAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover Proposal.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALL BAB NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tawuran pelajar, pergaulan bebas, pengaruh hidup konsumtif, hedonisme, dan globalisasi telah menghilangkan identitas pelajar sebagai generasi islam, pelajar sulit menyaring berbagai informasi dan pengetahuan, sehingga mereka terasing dari nilai-nilai dan budaya islami dikarenakan kurangnya bekal pengetahuan dan ilmu keagamaan. Untuk mengembalikan iman peserta yang mengalami penyimpangan sosial, tentu dengan cara melalui pendidikan atau bimbingan. Sekolah sebagai lembaga yang dapat mengembangkan berbagai potensi peserta, salah satu faktor penentu mutu ialah Sumber Daya Manusia (SDM). Melalui sekolah para peserta, baik secara intelektual, mental, dan spiritual digambleng agar dapat mencapai mutu sesuai target yang telah ditetapkan oleh lembaga. Misalnya SMP Islam Az-Zahrah 2 yang memiliki konsisten untuk menjadikan pesertanya menjadi sekolah yang unggul dalam iman, ilmu dan budaya dalam suasana islami. dengan pengertian: Sekolah beriman: artinya menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, etika, estetika dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Islan Az-Zahrah 2 Palembang, lalu untuk mengetahui bagaimana meningkatkan nilai-nilai religiusitas di SMP Islam Az-zahrah 2 Palembang. Adapun manfaat secara teoritis adalah pertama, sebagai bahan bagi peneliti dan peminat kajian. Kedua, sebagai bahan kajian dan penelitian bagi para ilmuwan dan peneliti yang berminat untuk melanjutkan penelitian yang sejenis, sehingga dapat diharapkan menuntaskan persoalan yang dirumuskan. Sedangkan manfaat secara praktis pertama, bagi sesama guru agama, hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna dan bermanfaat untuk memberikan masukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan bidang dunia pendidikan pada umumnya dan mata pelajaran PAI dan Budi pekerti dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khususnya. Yang kedua, bagi perkembangan kebijakan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang menjadi fokus pengamatan kepada semua partisipan dengan dibuktikan dokumentasi. Data primer dan skunder yang hendak diperoleh dalam penelitian ini menggunakan tehnik trianggulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun peningkatan akhlak terpuji yang dimaksud adalah melalui pembiasaan disiplin, Pembiasaan tata krama, Pembiasaan kepedulian sosial. Sedangkan pembiasaan bersyukur kepada Allah dengan cara bersyukur dengan bil lisan dan bil hal dalam kehidupan nyata sehari-hari. Saran tenaga pendidik dan kependidikan harus strata satu dan sesuai dengan dengan latar belakang pendidikan dengan bidang study yang diajarkan, materinya harus sesuai kebutuhan peserta didik (relevan) dan masyarakat sekitar, jam mata pelajaran harus ditambah dari 2 jam pelajaran menjadi 4 jam pelajaran, kegiatan keagamaan harus diperbanyak lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? BL ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:52
Last Modified: 17 Sep 2021 06:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11031

Actions (login required)

View Item View Item