PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI AZHARYAH PALEMBANG

NURSILA, NURSILA (2019) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI AZHARYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Azharyah Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV.C di MI Azharyah Palembang? (b) Bagaimana Peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika Kelas IV.C di MI Azharyah Palembang? (c) Apa Saja kendala dan solusi guru matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV.C di MI Azharyah Palembang?.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data antara lain sebagai berikut : (a) tahap pengumpulan data. (b) tahap reduksi data. (c) tahap penyajian data. (d) penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini adalah : (a) Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv.C di Mi Azharyah dapat dilihat bahwa suasana belajar yang ada di kelas IV C ini sangatlah kondusif dan aktif, siswa belajar dengan tenang dan berfikir kreatif, dan inovatif dalam menyelasaikan suatu permasalahan dalam pelajaran, sehingga guru yang mengajar di kelas dapat dengan semangat untuk masuk mengajar di kelas. (b) Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV C di MI Azharyah Palembang bahwa guru di sana sudah menggunakan metode yang bervariasi, seperti menggunakan metode PAIKEM, sehingga siswa tidak mengantuk dan bisa berfikir lebih kreatif dalam pelajaran matematika sehingga dalam pembelajaran tidak terasa membosankan. (c) Kendala Dan Solusi Guru Matematika dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV.C Di MI Azharyah Palembang bahwa sebagian besar guru matematika mengalami kendala seperti besarnya jumlah siswa dalam satu kelas, yang akhirnya akan menyulitkan guru dalam melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain itu, sebagian besar guru menjawab bahwa alat peraga masih belum lengkap di sekolah. Hal ini disebabkan karena alat peraga banyak yang hilang atau rusak. Selanjutnya, siswa masih sulit dalam memahami mata pelajaran matematika. Kata-kata Kunci: Peran Guru Kelas, Meningkatkan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? LB1501 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:27
Last Modified: 17 Sep 2021 07:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11046

Actions (login required)

View Item View Item