CHAISARIA, YUNI (2019) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahsa tentang Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang.Penelitian ini 5 dilatarbelakangi bahwa masih ada siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika karena ntidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi, sehingga nilai mereka di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu(1) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di Madrasah Azizan Palembang? (2) Bagaimana upaya mengatasi kesulitan belajar siswapada mata pelajaran matematika kelas III di Madrasah Azizan Palembang ?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di Madrasah Azizan Palembang, (2) Untuk mengetahui upaya mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di Madrasah Azizan Palembang. Jenis penelitian yang di gunakan yakni kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penyebab kesulitan belajar matematika berasal dariFaktor internal yang dintaranya intlgensi (kecerdasan), kesehatan, motivasi dan minat. Sedangkan Faktor eksternal diantaranya lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, (2) Sedangkan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar yakni yaitu guru memberikan bimbingan belajar atau pelajaran tambahan di luar jam sekolah, memberi tahu orangtua siswa yang berkesulitan belajar agar dapat belajar di rumah dan mengulangi pelajaran yang belum dimengerti, mengadakan remedial, memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa, dan Guru harus membuat proses pembelajaran menyenangkan agar siswa tersebut bersemangat dalam pembelajaran. Kata kunci :upaya guru, kesulitan belajar, mata pelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? ?? LB1501 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 07:51 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 07:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11076 |
Actions (login required)
View Item |