IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IVA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI II MODEL PALEMBANG

Yulita, Yulita (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IVA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI II MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruksikan konsep, hukum atau prinsip melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengomunikasikan. Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik pada jenjang sekolah dasar merupakan program pendidikan dalam kurikulum 2013. Penerapan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik merupakan hal yang penting, karena berdasarkan kurikulum 2013 pembelajaran bermakna dapat terjadi dengan terlibat aktifnya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik, (2) kendala yang di hadapi dalam penerapan pendekatan saitifik pada pembelajaran tematik, dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Mattew B. Miles dan Michael Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan saintifik di Kelas IVA MIN II Palembang pada pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik di lihat dari aspek kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengomunikasikan. Adapun kendala yang dihadapi ketika menerapkan pendekatan saintifik adalah masih kurangnya persiapan guru dalam kegiatan pembelajaran, waktu yang terlalu singkat, dan kurang keberanian peserta didik dalam menyampaikan pendapat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi yaitu dengan membangun kelompok kerja guru untuk mengatasi kurangnya persiapan guru dalam kegiatan pembelajaran, dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mendorong peserta didik agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Pendekatan saintifik, kendala, upaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB1501 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:51
Last Modified: 20 Sep 2021 06:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11173

Actions (login required)

View Item View Item