IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 6 PALEMBANG

Maulana, Arif (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 6 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
A. BAB I.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan suatu tindakan yang menunjukkan kepada kegiatan – kegiatan yang menciptakan, mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses pembelajaran. Adapun dalam implementasinya kegiatan manajemen kelas memfokuskan pada hal – hal bersifat fisik dan non fisik yang mana hal tersebutt menyangkut aspek psikologis, sosial dan hubungan intrapersonal yang menjadi dominan dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI di SMK Negeri 6 Palembang. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Palembang yang merupakan sekolah dengan penerapan model pembelajaran normatif, adaptif dan produktif yang mana model pembelajaran Normatif berisi kompetensi inti, adaptif berisi kompetensi yang menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan siswa di lapangan,sedangkan model pembelajaran produktif yang berisi segala mata pelajaran kompetensi keahlian di tiap kejuruan yang dibutuhkan para siswa dalam mewujudkan visi dan misi sekolah yaitu mendidik siswa menjadi cerdas, siap kerja dan kompetitif. Jenis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data yang diharapkan dengan metode tersebut peneliti akan lebih objektif dalam menjawab rumusan masalah di SMK Negeri 6 Palembang yang telah dibuat oleh peneliti. Dalam peneltian ini yang menjadi sumber data (informan) meliputi data primer yaitu diperoleh dari guru PAI dan siswa kelas XI yang diterapkan manajemen kelas sedangkan data sekunder yaitu diperoleh dari data sekolah, dokumen dari observasi dan literatur yang berkaitan dengan manajemen kelas. Adapun pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI sudah berjalan dengan efektif, akan tetapi belum dapat tercapai secara maksimal. Strategi-strategi guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI meliputi strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi penegleolaan pembelajaran telah diterapkan dengan sangat baik hanya saja beberapa siswa masih lambat memahami materi yang telah diajarkan oleh guru. Faktor yang menghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas berasal dari siswa sendiri yang masih memiliki animo atau kurangnya hasrat ingin mengetahui mengenai pembelajaran PAI. Adapun faktor yang mendukung dalam pelaksanaan manajemen kelas yaitu dengan kebersihan kelas yang terjaga serta penerangan cahaya yang mencukupi. Selain itu juga dengan keaktifan siswa ketika berada di dalam kelas membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Dengan terjaganya kebersihan menjadikan ruangan kelas nyaman untuk ditempati ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:53
Last Modified: 20 Sep 2021 06:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11196

Actions (login required)

View Item View Item