PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI EKSTRAKURIKULER DI MI AL-IKHLAS SRIMULYA KECAMATAN PAMPANGAN

MUHARNI, MUHARNI (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI EKSTRAKURIKULER DI MI AL-IKHLAS SRIMULYA KECAMATAN PAMPANGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler di MI Al�Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan ? (2) Bagaimana hasil pembentukan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan ? (3) Apa kendala dan bagaimana solusi dalam pembentukan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan dan untuk mengetahui hasil pembentukan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan serta untuk mengetahui kendala dan solusi dalam pembentukan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif. Alat pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan yaitu menggunakan strategi pendekatan, pembiasaan, keteladanan, dan kedisiplinan. (2) Hasil pembentukan karakter tanggung jawab siswa di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan, sudah terlihat baik, dilihat dari nilai tanggung jawab siswa dalam menghafal, cara mereka berperilaku baik kepada guru maupun sesama teman, dan tertib dalam kelas, mengerjakan tugas dengan baik, dan sopan santun. (3) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di MI Al-Ikhlas Srimulya Kecamatan Pampangan yaitu masih ada siswa yang kesulitan dalam menghafal, ribut di kelas, dan perilaku mereka yang masih perlu ditegur dan di bimbing. Adapun solusi yang dibuat guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru harus menjadi teladan yang baik, melakukan pendekatan, dan membiasakan anak-anak tersebut untuk berperilaku baik dan bertanggung jawab, serta mengulang-ulang hafalan mereka agar tidak lupa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:07
Last Modified: 20 Sep 2021 07:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11299

Actions (login required)

View Item View Item