IMPLEMENTASI HUMOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 GELUMBANG

MUBARRIKAH, MUBARRIKAH (2019) IMPLEMENTASI HUMOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 GELUMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2.BAB 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB IV.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Mubarrikah, 2018, Implementasi Humor dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Gelumbang. Skripsi, Palembang : Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah. Kata Kunci : Humor, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pembimbing : Dr. Abdurahmansyah, M.Ag dan Muhammad Fauzi, M.Ag Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi humor dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Gelumbang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan humor dalam pembelajaran yang dianggap tidak begitu penting di dalam proses pembelajaran. Padahal penyisipan humor sangat diperlukan dalam membentuk emosi dan interkasi di kalangan guru dan peserta didik. Walau bagaimanapun pelaksanaanya dalam situasi sebenarnya masih pada tahap rendah dan diangap remeh pada proses pembelajaran di sekolah. Sesungguhnya humor tersebut memberikan kontribusi yang tak terkira dalam kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan. Dimana seorang guru mampu menghilangkan rasa bosan atau ketegangan dalam kelas melalui sisipan humor. Implementasi humor sebagai salah satu alat untuk mempermudah (metode) untuk menciptakan tujuan belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada dalam jenjang pendidikan formal. Manfaat humor 1) humor sebagai pemikat perhatian siswa, 2) humor membantu mengurangi kebosanan dalam belajar, 3) humor mampu mencairkan ketegangan di dalam kelas, 4) humor membantu mengatasi kelelahan fisik dan mental dalam belajar, dan 5) humor memudahkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humor dapat di terapkan diawalpembelajanunutuk menarik perhatian peserta didik dan di pertengahan pembelajara, karena biasanya tingkat konsetrasi serta keseriusan siswa menjadi lebih menurun, disinilah peran guru pendidikan agama islam dalam menyisispkan humor yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan. humor dapat dijadikan salah satu metode dalam proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, mengurangi stress, bosan, mengantuk, hilang motivasi, dan mengobrol sesama teman. Dalam penelitian ini terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan humor dalam pembelajaran diantaranya adalah faktor pendukung guru atau tenaga pendidik menjadi salah satu fakor pendukung dalam menerapkan humor dalam pembelajaran, partisipasi siswa dan sarana prasarana merupakan faktor pendukung dalam menerapkan humor dalam pembelahara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? AC ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:11
Last Modified: 20 Sep 2021 07:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11346

Actions (login required)

View Item View Item