UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MELAKUKAN GERAKAN SHALAT FARDHU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 9 BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN

HARTINI, HARTINI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MELAKUKAN GERAKAN SHALAT FARDHU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 9 BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (101kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Upaya Meningkatkan Keterampilan melakukan Gerakan Shalat Fardhu Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas III SD Negeri 9 Banyuasin III ”. Penelitian ini dilaksanakan untuk melakukan pembaharuan dalam mengingkatkan kreatifitas mengajar Guru PAI di Sekolah Dasar sebagai respon atas rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada materi/ pembelajaran praktik shalat fardhu melalui metode pembelajaran demonstrasi.Berdasarkan hasil observasi (prasiklus) dengan menggunakan metode demontrasi ternyata dari 20 siswa hasilnya hanya 4 siswa yang tepat melakukan gerak shalat, atau 44,44 % nya saja. Sedangkan berdasarkan segi kemampuan tidak ada siswa yang melakukannya dengan sangat baik. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa tersebut yang dipilih adalah model pembelajaran Explicit Instruction sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Maka dilakukan penelitian selama 2 siklus. Dan setelah melakukan dua tahapan siklus di peroleh hasil bahwa menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan gerakan shalat hal itu dapat dilihat dengan meningkatnya keterampilan belajar siswa terjadi peningkatan jika pada prasiklus tidak ada siswa yang mendapat nilai yang baik maupun sangat baik .maka pada saat siklus pertama ternyata terjadi peningkatan hasilnya.Jumlah siswa pada siklus I dalam kategori baik sebanyak 15 siswa atau 75,00 %, dan 3 siswa atau 15,00 % yang masuk kategori sangat baik. Dengan memperhatikan kekurangan pada siklus sebelumnya dan dilakukan perbaikan, maka siklus kedua hasilnya dari segi keterampilan sebanyak 20 siswa atau 100% yang telah berhasil sedangkan dari segi kemampuan sebanyak 12 siswa atau 60,00% yang masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan pencapaian tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa upaya untuk meningkatkan kemampuan gerakan shalat fardhu menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas III SD Negeri 9 Banyuasin III Kabupaten Banyuasin dinyatakan “berhasil.”

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:21
Last Modified: 20 Sep 2021 07:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11413

Actions (login required)

View Item View Item