PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 SUNGAI PINANG KECAMATAN SUNGAI PINANG KABUPATEN OGAN ILIR

REZKIYANI, MARDINI (2016) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 SUNGAI PINANG KECAMATAN SUNGAI PINANG KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARDINI REZKIYANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi kepribadian merupakan salah satu tuntutan pemerintah lewat Undang-undang Guru dan Dosen yang harus dimiliki guru dan dosen. Hal ini menjadi penting karena seorang guru tidak hanya diharuskan menstransfer ilmu pengetahuan saja tetapi seorang guru juga diharuskan agar mampu menetapkan nilain-nilai keagamaan dengan tujuan untuk membendung dampak negatif dari ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI, untuk mengetahui bagaimana sikap kepedulian sosial siswa dan untuk mengetahui adakah hubungan kompetensi kepribadian guru dengan sikap kepedulian sosial siswadi SD Negeri 07 Sungai Pinang Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 september 2016 sampai 08 Oktober 2016. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, yang menjadi populasinya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa, sedangkan sumber data diperoleh dari siswa, guru, kepala sekolah dan arsip-arsip. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Dengan menganalisis menggunakan rumus stastistik, yaitu rumus “Product Moment”, hal ini untuk mengetahui keeratan hubungan kedua variabel tersebut, kemudian penulis menggunakan rumus koopesien determinasi untuk mencari besar persentase pengaruhnya. Setelah penelitian ini dilakukan, maka penulis memperoleh hasil penelitian dengan angka korelasi sebesar 0,74 yang berarti terdapat korelasi positif antara kopetensi kepribadian guru pendidikan agama islam (PAI) dengan kepedulian sosial, namun korelasi tersebut tergolong lemah karena korelasinya berada di antara 0,7525, berdasarkan keeratan hubungan variabel, maka diketahui koopesian dertiminasinya sebesar 75 %. Hal ini menunjukkan bahwa kopetensi keperibadian guru PAI memiliki pengaruh terhadap kepedulian sosial. Namun, kompetensi kepribadian guru bukanlah satu-satunya hal yang bisa mempengaruhi kepedulian sosial melainkan masih banyak hal lain yang turut mempengaruhi kepedulian sosial siswa seperti kebujakan sekolah, teman pergaulan, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:44
Last Modified: 20 Sep 2021 07:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11471

Actions (login required)

View Item View Item