PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’A<N SISWA SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKAN PROGRAM D{AUROH AL�QUR’A<N DI MADARASAH ALIYAH RAUDHATUL ULUM SAKATIGA INDRALAYA

Apria Santi, Komputri (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’A<N SISWA SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKAN PROGRAM D{AUROH AL�QUR’A<N DI MADARASAH ALIYAH RAUDHATUL ULUM SAKATIGA INDRALAYA. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Komputri (1).pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Komputri (1).pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 Kokom.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 Kokom (1).pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 Komputri.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Tesis ini berjudul “PENERAPAN D{AUROH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’A<N BAGI SISWI KELAS X DI MADARASAH ALIYAH RAUDHATUL ULUM SAKATIGA INDRALAYA”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh D{auroh aL-Qur‟a<n sangat berperan dalam pendidikan alumni-alumninya, karena selain bisa membaca aL�Qur‟a<n dengan baik dan menghafal aL-Qur‟a<n, D{auroh aL-Qur‟a<n juga berperan penting dalam bahasa Arab, baik dalam bahasa Arab, baik dalam pelajaran yang menggunakan bahasa Arab maupunn dalam pengucapan berbahasa Arab. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca aL-Qur‟a<n Siswa Kelas X4 Madarasah Aliyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya sebelum mengikuti D{auroh aL-Qur‟a<n, bagaimana kemampuan membaca aL-Qur‟a<n siswa kelas X4 Madarasah Aliyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya setelah mengikuti D{auroh aL-Qur‟a<n dan adakah perbedaan kemampuan membaca aL-Qur‟a<n Siswa Kelas X4 Madarasah Aliyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya sebelum dan setelah mengikuti D{auroh aL�Qur‟a<n. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer (siswa kelas X) dan sumber data sekunder yakni semua dokumen dan data yang mendukung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data adalah rumus statistik Tinggi sedang Renda (TSR) dan uji “T”. Kemampuan membaca aL-Qur‟a<n siswa kelas X4 sebelum diterapkan D{auroh aL-Qur‟a<n yang tergolong tuntas KKM sebanyak 11 orang siswa (55 %) dan tidak tuntas KKM 9 orang (45%). Dalam perhitungan TSR tergolong tinggi sebanyak 4 orang (20%), tergolong sedang sebanyak 15 orang (75%) dan yang tergolong rendah sebanyak 1 orang (5%) atau pada kategori sedang yakni sebanyak 15 orang siswa (75 %) dari 20 siswa. Kemampuan membaca aL�Qur‟a<n siswa kelas X4 setelah diterapkan D{auroh aL-Qur‟a<n yang tergolong tuntas KKM sebanyak 20 orang siswa (100 %) dan yang tergolong tidak tuntas KKM 0. Dengan demikian hasil post test pada kelas X4 pada kategori baik dengan semua siswa tuntas KKM dan dalam perhitungan yang tergolong tinggi sebanyak 8 orang (20%), tergolong sedang sebanyak 7 orang (75%) dan yang tergolong rendah sebanyak 5 orang (5%), atau pada kategori tinggi yakni sebanyak 8 orang siswa (40%) dari 20 siswa. Perbedaan kemampuan membaca aL-Qur‟a<n siswa Kelas X4 Madarasah Aliyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya sebelum dan setelah mengikuti D{auroh aL-Qur‟a<n dengan diambil df 40 diperoleh ttabel pada taraf nyata 5 % = 2,42 dan ada taraf nyata 1 % = 2,02. Karena “t0” = 8,705 lebih besar dari tt , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatife diterima yaitu ada perbedaan sangat nyata antara kemampuan membaca kelas X4 MA Raudhatul Ulum sebelum dan setelah mengikuti D{auroh aL-Qur‟a<n. Dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan metode D{auroh aL-Qur‟a<n memberikan peningkatan yang nyata terhadap kemampuan membaca aL-Qur‟a<n siswa kelas X 4 MA Raudhatul Ulum Sakatiga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Pascasarjana > Program Doktoral
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:46
Last Modified: 20 Sep 2021 07:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item