PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATONIYAH PALEMBANG

MAULIDIA, MAULIDIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ACC.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses yang bernilai edukatif, didalamnya terjadi interaksi antara guru dan anak didik (siswa). Mengajar bukan sekedar menyampaikan materi kepada peserta didik. Mengajar merupakan suatu proses mengubah perilaku siswa baik secara intelektual, sikap maupun keterampilan yang dimiliki kearah yg diharapkan. Dengan demikian, dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Model Examples Non Examples yang diterapkan memberi ruang dan kesempatan yang luas kepada setiap siswa saling memberikan informasi dan saling membelajarkan. Sedangkan Keterampilan Bertanya yang digunakan untuk mendapatkan jawaban/ balikan dari siswa lain. Karena hampir seluruh evaluasi, pengukuran, penilaian dan pengujian dilakukan melalui proses pertanyaan. Permasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Bertukar Pasanagan pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Watoniyah Palembang? Bagaimana Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Watoniyah Palembang? Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Bertukar Pasanagan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Watoniyah Palembang? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumen dan tes. Dengan teknik analisis datanya menggunakan rumus statistik yaitu uji “t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama, Bedasarkan penghitungan hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran bertukar pasangan memperoleh mean atau nilai rata-rata sebesar 64, dengan kategori nila tinggi ada 5 orang siswa (20%), nilai sedang ada 16 orang (64 %) dan nilai rendah ada 4 orang siswa (16 %). Berdasarkan analisis observasi siswa tergolong Cukup baik Kedua, Hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran bertukar pasangan mengalami peningatan dengan mmperoleh mean atau nilai rata-rata sebesar 89, dengan kategori nilai tinggi ada 1 orang siswa (4%), nilai sedang ada 19 orang (76 %) dan nilai rendah ada 5 orang siswa (20 %). Berdasarkan analisis observasi siswa tergolong sangat baik Ketiga, Pengaruh hasil belajar yang signifikan sesudah diterapkan model pembelajaran bertukar pasangan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Watoniyah Palembang, hal ini dapat dilihat dari perbadingan antara “t” dalam perhitungan (to = 7,971) dan besar “t” tabel (tt pada taraf signifikasi 5 % = 2,01 dan tt pada taraf signifikansi 1 % = 2, 68).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:52
Last Modified: 20 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11534

Actions (login required)

View Item View Item