upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah sholat berjamaah, faktor pendukung dan faktor penghambatnya di Madrasah Tsanawiyah Nurul Qolam Dabuk Rejo Lempuing OKI.

Wiyono, Wiyono (2021) upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah sholat berjamaah, faktor pendukung dan faktor penghambatnya di Madrasah Tsanawiyah Nurul Qolam Dabuk Rejo Lempuing OKI. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Sholat adalah tiang agama, barang siapa mendirikan sholat, berarti dia mendirikan agama, dan barang siapa meninggalkan sholat, berarti dia menghancurkan agama Islam. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia sholat berarti berarti do’a kepada Allah. 1 Sedangkan menurut istilah sholat merupakan semua perkataan dan perbuatan tertentu yang dimulai dari takbir dan diahiri dengan salam. 1 Menurut Qurais Shihab, sholat adalah do’a, yaitu permohonan yang di tujukan oleh pihak yang rendah lagi membutuhkan kepada pihak yang lebih tinggi dan maha segalanya.yaitu allah SWT. Adapun menurut Hamka sholat adalah benteng pertahanan seseorang dari kejahatan, sholat juga merupakan media untuk memper teguh iman dan mempererat hubungan dengan sesama. Dalam sholat ada kedisiplinan, konsentrasi tujuan, kestabilan emosional, kesehatan jasmani dan rohani.2 Selain itu shalat juga memuat pesan kesalehan pribadi dan sosial untuk menegakkan kedamaian dalam kehidupan sosial bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam sholat juga mengandung pesan kesatuan serta persatuan, kerukunan, tanggung jawab, kekuatan masyarakat, serta perubahan sosial untuk kehidupan sempurna. Pesan-pesan dalam shalat diatas dapat diformulasikan menjadi sebuah konsep membentuk kepribadian yang berkarakter agamis, saleh secara indivual dan sosial. Sholat merupakan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? BP ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:07
Last Modified: 22 Sep 2021 04:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item