PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVITY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA III KELAS II MI MA'HAD ISLAMY PALEMBANG

JULIANTI, VERA (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVITY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA III KELAS II MI MA'HAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran tematik berbagai model pembelajaran telah dikembangkan untuk bisa menarik perhatian dan meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya adalah menggembangkan pembelajaran tematik dengan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran creatity learning, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran creativity learning, dan pengaruh penerapan model pembelajaran creativity learning. Penelitian ini dilakukan di kelas II MI Ma’had Islamy Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian yang berbentuk eksperimen (experimental method) yang bersifat kuantitatif. Adapun penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian Eksperimen Design bentuk one group pretest-postest design yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek sampel sebanyak 1 kelas, yaitu kelas II yang berjumlah 27 siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel pada penelitian ini adalah stratified random sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kelas. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk essay sebanyak 5 soal yang dilakukan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan posttest dilaksanakan setelah pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest sebesar 56,33, dan rata-rata posttest sebesar 72,40. Serta berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai siginifikan (Probabilitas) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti pengaruh penerapan model pembelajaran creativity learning lebih baik dibandingkan tidak melakukan penerapan model pembelajaran creativity learning, sehingga bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran creativity learning terhadap hasil belajar siswa pada proses pembelajaran tematik tema III kelas II MI Ma’had Islamy Palembang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Creativity Learning, Hasil Belajar, Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Creativity Learning Hasil Belajar, Tematik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:23
Last Modified: 24 Sep 2021 07:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item