YURISTIARA, YURISTIARA (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III DI SDN 16 TANJUNG BATU. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui kesulitan yang dialami siswa mata pelajaran matematika pada materi perkalian dan pembagian di kelas III SDN 16 Tanjung Batu, faktorfaktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas III di SDN 16 Tanjung Batu, dan cara mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas III di SDN 16 Tanjung Batu. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru/wali kelas III dan siswa kelas III SDN 16 tanjung batu sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan : kesulitan yang dialami siswa mata pelajaran matematika pada materi perkalian karena siswa tidak menjawab soal, siswa tidak hapal bentuk perkalian, siswa tidak memperhatikan soal dengan baik. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa pada materi pembagian, adalah karena kesalahan perhitungan dan kesalahan dalam menentukan bilangan dibagi, karena belum atau lupa tentang perkalian 1 hingga 10, kurangnya pemahaman konsep pembagian, penggunaan prosedur operasi hitung yang keliru, salah menurunkan angka. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa dalam materi perkalian adalah karena siswa tidak mengetahui atau juga waktu yang diberikan tidak cukup bagi siswa, siswa malas untuk menghafal atau siswa tersebut memang lamban dalam menghafal, kecerobohan siswa dalam menjawab soal dengan baik sehingga siswa tidak dapat menjawab soal dengan benar. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa dalam materi pembagian adalah karena, anak tersebut kurangnya pengetahuan tentang materi pembagian, kurang pengetahuannya simbol-simbol dalam matematika, siswa tidak hapal perkalian dan tidak mengerti materi perkalian, siswa tersebut kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan konsep dan materi pembagian tersebut, kesalahan yang terjadi pada pembagian bersusun ketika mengoperasikan urutan langkah mengerjakannya salah. Pembagian bersusun seharusnya dimulai dari kiri pada bilangan yang dibagi, akan tetapi ada siswa yang melakukannya dimulai dari kanan, kesalahan menurunkan angka akibat dari kesalahan urutan penulisan dan kurang teliti. Cara mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi perkalian adalah guru memberikan pengetahuan tentang materi pembagian dan simbol-simbol dalam matematika supaya siswa lebih memahai kesalahan dalam menentukan bilangan dibagi, guru harus memberikan metode yang tepat agar siswa lebih mudah dan cepat dalam menghafal perkalian, misalnya setiap diwaktu pelajaran matematika siswa harus menyetor hafalan perkalian tersebut, guru menjelaskan konsep-konsep dalam materi pembagian dan memberikan contoh-contoh soal pembagian supaya siswa lebih mengerti konsep dari materi pembagian tersebut, guru harus menjelaskan kepada siswa yang tidak mengerti pembagian bilang bersusun tersebut, guru harus memberikan soal pada siswa yang belum mengerti operasi hitung dengan cara penurunan angka dalam pembagian. Keywordas : Kesulitan Belajar Siswa, Pelajaran Matematika, Materi Perkalian dan Pembagian
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Siswa Pelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 07:24 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 07:24 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11750 |
Actions (login required)
View Item |