PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Herlina, Herlina (2020) PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
B. Bab I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. Bab V.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari tetapi masih ada sebagian siswa yang kesulitan memahami konsep matematika dan mengaplikasikan pada kehidupan nyata menyebabkan sulitnya matematika bagi siswa karena pembelajaran yang kurang bermakna. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan menggunakan pendekatan PMRI sebab pendekatan PMRI bertujuan untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa dengan mengaitkan materi pada kehidupan nyata dan menggunakan model. Masalah yang diteliti yaitu bagaimana penerapan pendekatan PMRI pada kemampuan berhitung siswa?, bagaimana kemampuan berhitung siswa sebelum menggunakan pendekatan PMRI?, bagaimana kemampuan berhitung siswa setelah menggunakan pendekatan PMRI?, Apakah ada pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan berhitung siswa?. Jenis penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan metode experimen, pre-Experiment Desaign tipe One-Group Pretest-Posttest Desaign. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan TSR dan uji tes “t”. Penerapan pendekatan PMRI dilakukan dengan memberikan masalah kontektual diawal pembelajaran agar dapat dikaitkan dengan materi yang dipelajari, selama pembelajaran membimbing siswa untuk aktif dan mengemukakan pendapat. Pada analisis data menggunakan TSR menunjukkan bahwa kemampuan berhitung siswa sebelum menggunakan pendekatan PMRI tergolong rendah dilihat dari rata – rata (mean) yaitu 43. Sedangkan kemampuan berhitung siswa setelah menggunakan pendekatan PMRI tergolong tinggi dilihat dari rata – rata (mean) yaitu 74. Pada saat proses membandingkan dengan menggunakan rumus “t” jika ttabel5%<thitung>ttabel1% = 2,07<14,37>2,81. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika kelas II di SD Negeri 1 Ulak Kemang. Kata Kunci : Pendekatan PMRI, Kemampuan Berhitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMRI Kemampuan Berhitung
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:24
Last Modified: 24 Sep 2021 07:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11752

Actions (login required)

View Item View Item