PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

NOVITASARI, YEYEN (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1.docx

Download (76kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (61kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (69kB)
[img] Text
bab 4.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini yang berjudul “Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair and Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Iman Kepada Rasul Allah Kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran mata pelajaran PAI materi Iman kepada rasul Allah di SMP N 3 Palembang masih menggunakan metode yang tidak sesuai dengan materi sehingga siswa kurang mengerti pembahasan tentang Iman kepada rasul Allah. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk mendapatkan hasil belajar yang baik pada materi Iman kepada rasul Allah dengan menggunakan metode pembelajaran Think Pair and Share. Dengan metode pembelajaran Think Pair and Share diharapkan siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretes-Post tes Control Grup Desain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 385 siswa kelas kelas VIII 1- VIII 10. Sampel penelitian diperoleh dengan metode random, kemudian sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas VIII 7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan obserpasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic deskripsi dan uji T. Berdasarkan uji TSR pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diketahui sebagai berikut : Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menerapkan metode think pair and share mendapatkan Mean sebasar 80,587 dan persentase tergolong tinggi sebanyak 6 siswa (18%), dan sebanyak 27 siswa (79%) tergolong sedang, serta sebanyak 1 siswa (3%) tergolong rendah. Pada kelas kontrol yang tidak menerapkan metode think pair and share mendapatkan Mean sebesar 71,41dan persentase yang tergolong tinggi sebanyak 6 siswa (18%), dan sebayak 25 siswa (73%) tergolong sedang serta sebanyak 3 siswa (9%) tergolong rendah Berdasarkan perhitungan dengan rumus uji T pada kelas eksperimen dan kontrol dapat diketahui uji T lebih besar dari t tabel, baik pada taraf 5% maupun pada taraf 1% dengan rincian 2,00 < 3,127 > 2,65 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demimkian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menerapkan mtode pembelajaran think pair and share terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Iman Kepada Rasul Allah Kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Z719 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:33
Last Modified: 24 Sep 2021 07:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11796

Actions (login required)

View Item View Item