PEMBINAAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK MUSLIM OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI YAYASAN KHATOLIK SMP SANTO LOUIS KECAMATAN MUARA PADANG KABUPATEN BANYUASIN

Puspitasari, Gesti (2019) PEMBINAAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK MUSLIM OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI YAYASAN KHATOLIK SMP SANTO LOUIS KECAMATAN MUARA PADANG KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada tahun 2003, Indonesia mengesahkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang di dalam Pasal 12 ayat 1 Undang-Undang itu disebutkan bahwa: “Setiap peserta didik berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai agama yang dianutnya”. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembinaan keagamaan peserta didik muslim oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Yayasan Khatolik SMP SANTO LOUIS Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin? Apa faktor pendukung dan penghambat pembinaan keagamaan peserta didik muslim oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Yayasan Khatolik SMP SANTO LOUIS Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin?. Selanjutnya jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer, yang menjadi sumber data primer adalah guru Pendidikan Agama Islam. Sementara sumber data sekunder adalah data-data yang mendukung yang berasal dari buku, jurnal, maupun informasi lain yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi, yaitu dengan In-depth Intervie, observasi partisipan dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang meliputi Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Simpulan (Conclusion). Hasil penelitian ini adalah pembinaan keagamaan oleh guru Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di dalam kelas yaitu meliputi: peserta didik muslim dibiasakan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, menumbuhkan sikap saling menghormati antar agama, membiasakan untuk mengucapkan salam “Assalamualaikum”, membiasakan untuk berjabat tangan dengan guru maupun orang tua dan berpamitan ketika hendak pergi, membiasakan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan, setiap hari Jumat siswa laki-laki diwajibkan mengikuti sholat Jumat di masjid. Namun masih ada sebagian kecil dari peserta didik muslim yang mengikuti kebiasaan berdoa dan mengucapkan salam peserta didik non muslim. Faktor pendukung pembinaan keagamaan oleh guru Pendidikan Agama Islam di Yayasan Khatolik SMP SANTO LOUIS meliputi tersedianya waktu, tempat dan sarana prasarana pembelajaran, dukungan dari orang tua peserta didik, dukungan dari peserta didik muslim maupun non muslim, dukungan dari guru-guru dan yayasan. Faktor penghambat terbatasnya pemantauan prilaku peserta didik ketika berada di luar jam sekolah, masih ada beberapa peserta didik muslim yang belum dapat membaca huruf arab, belum adanya mushola di SMP SANTO LOUIS guru yang mengajar pelajaran PAI bukan guru yang menempuh jenjang pendidikan tinggi PAI namun pernah menjalani pendidikan agama atau mengaji di pondok pesantren Miftahul Hu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:29
Last Modified: 27 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11982

Actions (login required)

View Item View Item