IMPLEMENTASI PROGRAM CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) BERDASARKAN UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS DALAM PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT TANJUNGENIM LESTARI PULP AND PAPER MUARA ENIM SUMATERA SELATAN)

FEBRIANTI, ARMILA (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) BERDASARKAN UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS DALAM PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT TANJUNGENIM LESTARI PULP AND PAPER MUARA ENIM SUMATERA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper merupakan Perusahaaan yang bergerak di bidang industri kertas dan merupakan salah satu perusahaan penanaman modal asing yang telah memiliki program sosial kemasyarakatan atau dikenal dengan CSR (Corporate Social Responsibility). CSR merupakan kewajiban perusahaan yang harus dipenuhi sebagai bentuk komitmen pengusaha untuk menjalankan kegiatan bisnis guna untuk meningkatkan pembangunan ekonomi yang berkelanjut dan mementingkan kepedulian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1). Bagaimana implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas di PT. TeL Pulp and Paper. 2). Bagaimana Prespektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap implementasi program CSR (Corporate Social Responsibility) di PT. TeL Pulp and Paper. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan field research (lapangan). Penelitian tersebut yang dilakukan dengan meneliti secara langsung ke lokasi guna untuk mendapatkan data-data yang benar dari peristiwa yang terjadi di PT. TeL Pulp and Paper bagian program CSR serta sekelompok masyarakat di sekitarnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti tentang Implementasi Program CSR Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas dalam Prespektif Hukum Ekonomi Syariah Studi Kasus Pada PT TeL Pulp and Paper Muara Enim Sumatera Selatan, yaitu :1). Implementasi program CSR di PT TeL Pulp and Paper berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, sudah mengikuti standar yang diatur pada per Undang-Undangan yang berlaku. Namun implementasi dalam program CSR belum dilaksanakan secara optimal di lingkungan PT. TeL, karena sebagian masyarakat belum sepenuhnya dilaksanakan sebagaimana mestinya. 2). Prespektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap implementasi program CSR di PT. TeL Pulp and Paper merupakan mashlahat karena perusahaan bukan hanya untuk mencari keuntungan semata. Namun juga adanya upaya pemberdayaan masyarakat dalam aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan. Adapun peneliti menggunakan prinsip-prinsip syariah yakni prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip maslahah dan prinsip keseimbangan. Diantara keempat prinsip yang digunakan oleh peneliti salah satu yang belum terpenuhi dalam prinsip tersebut yakni prinsip keadilan karena pihak Perusahaan dalam implementasi Program CSR hanya sebagian sudah dilaksanakan namun, sebagian masyarakat belum sepenuhnya dilaksanakan. Kata Kunci : Perseroan, CSR, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:32
Last Modified: 27 Sep 2021 04:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12007

Actions (login required)

View Item View Item