PENGARUH PENERAPAN ALAT PERAGA (GELAS PERBANDINGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN 2 KOTA PALEMBANG

Lutfiana, Santi (2015) PENGARUH PENERAPAN ALAT PERAGA (GELAS PERBANDINGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MIN 2 KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Penerapan Alat Peraga (Gelas Perbandingan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V MIN 2 Kota Palembang”. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana penerapan alat peraga (gelas perbandingan) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas V MIN 2 Kota Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga (gelas perbandingan) dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan alat peraga (gelas perbandingan) untuk meningkatkan hasil belajar di MIN 2 Kota Palembang? Apakah ada pengaruh penerapan alat peraga (gelas perbandingan) untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas V MIN 2 Kota Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian ini kelas V.A dan V.B yang berjumlah 74 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling purposive (pertimbangan). Tekhnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes (posttest). Tekhnik analisis data menggunakan rumus statistik tes “t” untuk dua sampel besar (N lebih besar dari 30). Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 12,46) dan besarnya t yang tercantum pada (tt.ts 5%= 2,03;) dan (tt.ts 1% = 2,72) maka dapat kita ketahui bahwa t0 adalah lebih besar daripada tt yaitu: 2,03 <12,46 > 2,72. Jadi, Karena t0 lebih besar dari pada tt maka Hipotesis Nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh penerapan alat peraga (gelas perbandingan) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas V MIN 2 Kota Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:47
Last Modified: 27 Sep 2021 04:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item