ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG

SETYANINGSIH, KRIS (2014) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEBANG.

[img] Text
TESIS YANG BENAR.docx

Download (897kB)

Abstract

Pendidikan yang berkualitas merupakan tujuan utama Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah (Prodi MPI-FT-UIN-RF) Palembang. Hal ini termaktub dalam visi prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yaitu menjadi pusat penyiapan tenaga kependidikan dan perkantoran yang mampu mengembangkan institusi pendidikan dan perkantoran berdasarkan nilai-nilai islam. Posisi strategis prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang tidak lagi cukup untuk mewujudkan visi sebagai pusat unggulan yang melaksanakan pendidikan berkualitas tinggi apabila tidak mempertimbangkan aspek kepuasan mahasiswa. Pentingnya perhatian khusus pada kepuasan mahasiswa juga dilandasi kesadaran prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang akan semakin ketatnya tantangan persaingan dengan perguruan tinggi yang membuka program sejenis baik berstatus negeri maupun swasta. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengukur besarnya gap antara kenyataan dan harapan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang, 2) menilai tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang dalam lima dimensi SERVQUAL (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati), 3) menganalisis prioritas perbaikan dari kualitas pelayanan pendidikan di prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kesenjangan antara kenyataan dan harapan pelayanan, analisis tingkat kesesuaian kepuasan akan kualitas pelayanan, serta uji beda. Hasil analisis kesenjangan tersebut kemudian dipetakan prioritasnya dalam Importance- Performance Analysis. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini ialah berdasarkan analisis kesenjangan kenyataan-harapan, analisis kesesuaian kepuasan mahasiswa dari lima dimensi SERVQUAL , mahasiswa puas terhadap kualitas pelayanan pendidikan prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Dimensi kualitas terbaik adalah kehandalan dan terendah adalah Empathy. Sementara atribut dimensi kualitas pelayanan yang memperoleh penilaian kepuasan mahasiswa tertinggi adalah pada atribut dosen dan karyawan berpenampilan menarik dan rapi, sedangkan penilaian terendah pada atribut tersedianya fasilitas parkir yang luas dan rapi. Berdasarkan pemetaan melalui Importance-Performance Analysis, atribut kualitas pelayanan pendidikan di prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang menyebar merata di empat kuadran. Prioritas perbaikan yang perlu segera dilakukan oleh prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang adalah menyediakan sarana pendukung belajar di kelas yang memadai, menyediakan sarana perpustakaan yang lengkap, adanya tempat parkir yang luas dan rapi, tersedia toilet yang bersih dan mencukupi, pegawai memberikan pelayanan cepat, dosen menumbuhkan suasana belajar menyenangkan, dosen mengembalikan tugas dan hasil ujian yang telah dikoreksi, pemeliharaan keamanan lingkungan kampus, pegawai bersikap ramah dan sarana prasarana selalu dirawat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:49
Last Modified: 27 Sep 2021 04:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item