PENERAPAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MUQIMUS SUNNAH PALEMBANG

SANDRA, ANGGAH (2019) PENERAPAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MUQIMUS SUNNAH PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 060519-dikonversi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 060519.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 060519-dikonversi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 060519.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 060519-dikonversi.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Setiap lembaga pendidikan di Madrasah telah memiliki delapan standar yang harus dikuasai oleh lembaga tersebut yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi pendidikan, standar proses pendidikan, standar penilaian pendidikan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan pendidikan, dan standar pembiayaan, dengan harapannya delapan standar tersebut agar pada proses pembelajaran di Madrasah berjalan dengan efektif dan efisien mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran, maka dengan demikian guru harus menguasi proses pembelajaran tersebut agar melahirkan peserta didik yang berkualitas dan berakhlak baik sehingga berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Permasalahan penelitian yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan standar proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang. Melihat sejauhmana dalam pemahaman, menguasai serta persiapan seorang guru dalam proses pembelajaran di Madrasah dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendikripsikan penerapan standar proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai bentuk studi kasus (case study). Maksudnya adalah penelitian kualitatif data dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naska wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, dan dokumen resmi lainnya. Hasil penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Palembang dalam pelaksanaan kegiatan bahwa guru pendidikan agama Islam telah melakukan proses perencanaan pembelajaran. Adapun bentuk perencanaan yang dipersiapkan atau disusun oleh guru tersebut yaitu membuat silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat kriteria ketuntasan minimum, program semester, program tahunan dan lain-lain, kemudian pelaksanaan pembelajaran guru pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang bahwa guru sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langakah yang ada, mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, kemudian telah mengunakan motede-metode pembelajaran, kemudian evaluasi (penilain) pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Muqimus Sunnah Palembang bahwa guru telah melakukan evaluasi pembelajaran adapun bentuk evaluasi yang berikan berupa tes dan non tes, kemudian pengawasan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Muqimus Sunnah Palembang sudah berjalan dengan baik, dalam melakukan pengawasan terhadap proses pembelajaran baik dari segi perencanaa, pelaksanaa, penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? Manajemen_Pendidikan_Islam(S2) ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:50
Last Modified: 27 Sep 2021 04:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12094

Actions (login required)

View Item View Item