ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013 KELAS IV MIN 1 OGAN ILIR

MITA, CLARA (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013 KELAS IV MIN 1 OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk kesulitan belajar matematika pada kurikulum 2013 kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Ilir, Untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika pada Kurikulum 2013 kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Ilir, Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan hasil dari penelitian ini yaitu jenis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan memahami materi secara online, kesulitan memahami konsep perbandingan pecahan, kesulitan dalam menghitung, dan kesulitan memecahkan masalah pada soal cerita. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap negatif dalam belajar matematika, motivasi belajar masih rendah, kesehatan tubuh tidak optimal. Sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, dan kondisi kelas, serta kurang bimbingan pembelajaran dirumah. Adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa selain dari faktor eksternal dan internal adalah adanya perubahan Kurikulum 2013 yang membuat siswa tidak terbiasa menggunakan kurikulum tersebut karena pada kenyataannya pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran yang disajikan secara berintegrasi dengan mata pelajaran lain yang masih memunculkan kelemahan khususnya dalam pembelajaran matematika. Bagi anak dengan daya ingat yang kurang akan sulit menghubung-hubungkan satu topik dengan topik matematika lainnya. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan belajar matematika berdasarkan kesulitan yang dialami dan faktor yang melatarbelakangi antara lain mengajarkan matematika dengan menyenangkan, menggunakan media pembelajaran yang kongret, memperbanyak latihan soal, dan menjalin kerja sama dengan orang tua siswa. Kata Kunci : Kesulitan Belajar Matematika, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Matematika, Kurikulum 2013
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:51
Last Modified: 27 Sep 2021 04:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12099

Actions (login required)

View Item View Item