ashobari, Andika (2018) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH (KAJIAN KITAB TUHFATUL MAUDUD BI AHKAMIL MAULUD). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2. BAB I.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
5. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Moderenitas dengan segenap kemajuan teknologi dan pesatnya industrialisasi akan mempengaruhi dunia pendidikan dan menjadi tantangan yang harus dijawab oleh dunia pendidikan. Tidak pelak lagi, pada zaman modern ini, dengan pesatnya perkembangan teknologi sebagai pertanda arus globalisasi, telah menjadikan kebanyakan orang tua khawatir terhadap perkembangan anaknya. Mereka khawatir anaknya jatuh dalam keterpurukan moral dan mental. Karena itu, jika mereka salah menentukan kebijakan dalam memberikan pendidikan, tentu kehidupan anaknya menjadi jauh dari harapan semula. Ia akan terjebak pada kerusakan moral dan lemahnya kepribadian. Pentingnya pendidikan akhlak anak juga diperhatikan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyah sebagaimana beliau mengungkapkan “seorang anak sangat membutuhkan perhatian ekstra dalam masa perkembangan akhlaknya”. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut kemudian dimunculkan pertanyaan dalam skripsi ini yaitu: bagaimana konsep pendidikan akhlak anak perspektif Ibnu Qayyim al-Jauziyah dan apa saja faktor-faktor yang mempegaruhi pendidikan akhlak anak serta bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak anak perspektif Ibnu Qayyim terhadap pendidikan Islam? Seiring dengan ini maka tujuan penelitian ini adalah: untuk mengkaji dan membahas bagaimana konsep pendidikan akhlak anak perspektif Ibnu Qayyim al-Jauziyah dan hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan serta memberikan sumbangan dan masukan dalam mendidik anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library Research), yaitu penelitian yang mengumpulkan datanya dengan menghimpun data dari berbagai literatur. Jenis datanya kualitatif dan umber data yaitu kitab Tuhfatul Maudud Bi Ahkamil Maulud karya Ibnu Qayyim al-Jauziyah dan didukung oleh sumber skunder lainnya. Dalam pengumpulan data digunakan metode dokumentasi dan observasi yang bersumber dari data primer maupun skunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) yang dalam analisis ini mengguunakan tiga cara yaitu: reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak anak perspektif Ibnu Qayyim al-Jauziyah pendidikan akhlak anak haruslah dimulai sejak sedini mungkin. Dalam konsepnya orang tua memegang peranan yang sangat fundamental. Dengan begitu Ibnu Qayyim lebih menekankan kepada orang tua untuk menggunakan metode penanaman dan pembiasaan akhlak kepada seorang anak sejak masa pertumbuhannya (fase bayi & fase kanak-kanak). Selanjutnya hasil penelitian ini juga mengungkapkan faktor yang mempengaruhi akhlak anak yaitu: faktor internal (fitrah dan hereditas) dan eksternal (lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat). Dan konsep pendidikan akhlak anak perspektif Ibnu Qayyim sudah relevan terhadap perkembangan pendidikan Islam namun perlu kepada orang tua maupun instansi pendidikan untuk mengembangkannya dengan metode yang sesuai dengan keadaan pada saat sekarang ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:05 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:05 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12349 |
Actions (login required)
View Item |