IMPLEMENTASI KEGIATAN SHALAT DHUHA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAARUL AITAM PALEMBANG

febrianto, febrianto (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN SHALAT DHUHA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAARUL AITAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Implementasi kegiatan shalat Dhuha pada siswa di SMP Daarul Aitam Palembang. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ialah, pentingnya bagi mahasiswa pendidikan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses dan kegiatan pendidikan di sekolah sebagai upaya pembelajaran serta penilaiaan terhadap pendidikan yang ada, maka dari itu dirasa perlu diketahui bagaimana kegiatan disekolah dalam menciftakan genarasi yang baik. Sebagai salah satu contoh bentuk kegiatan yang ada yaitu kegiatan shalat Dhuha yang merupakan bentuk implementasi dari pendidikan karakter religius hal tersebut perlu diketahui karna nilai spiritual merupakan faktor pendukung terciftanya pendidikan yang baik. Penelitian ini meneliti bagaimana pengimplementasian kegiatan sholat Dhuha pada peserta didik di SMP Daarul Aitam Palembang, apa manfaat implementasi kegiatan shalat Dhuha pada peserta didik di SMP Daarul Aitam Palembang, apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pengimplementasian kegiatan shalat Dhuha di SMP Daarul Aitam Palembang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian kegiatan sholat Dhuha pada peserta didik di SMP Daarul Aitam Palembang. Selanjutnya, untuk mengetahui manfaat implementasi kegiatan shalat Dhuha pada peserta didik di SMP Daarul Aitam Palembang. Kemudian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pengimplementasian kegiatan shalat Dhuha di SMP Daarul Aitam Palembang. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kegiatan shalat Dhuha pada peserta didik di SMP Daarul Aitam, secara umum merupakan bentuk penanaman nilai spiritual kepada peserta didik dengan metode pembiasaan yang dilakukan pada pagi hari dengan bergiliran sesuai dengan penjadwalan pelaksanaan dimulai dengan bersuci, kemudian dilanjutkan dengan melakukan ibadah sholat Dhuha, pelaksaannya dibimbing dengan guru mata pelajaran bersangkutan yang mengajar di kelas. Manfaat yang didapat oleh sekolah antara lain perubahan sikap peserta didik yang santun dan sopan terhadap guru, dan manfaat yang dirasakan peserta didik membuat suasana hati menjadi tenang dan berkonsentrasi dalam belajar. Adapun faktor pendukung yaitu perlengkapan fasilitas dan semua pihak yang terkait, faktor penghambat masih ada dari peserta didik itu sendiri malas untuk melaksanakan kegiatan sholat Dhuha hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran dan kemauan dari peserta didik itu sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:08
Last Modified: 27 Sep 2021 07:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12376

Actions (login required)

View Item View Item