FATMAWATI, FATMAWATI (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS X DI MA AL-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2. BAB I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Guru dituntut untuk menguasai keterampilan dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai maksimal. Dan tidak sampai disitu saja guru juga harus memperhatikan persepsi siswa agar keterampilan guru dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, karena keterampilan mengajar guru untuk menciptakan prakondisi siswa agar aktivitas dan perhatiannya terpusat pada apa yang dipelajari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pada Mata Pelajaran al-Quran Hadits kelas X di Madrasah Aliyah al-Fatah Palembang? (b) Bagaimana aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadits kelas X di Madrasah Aliyah al�Fatah Palembang? Dan (c) Apakah ada pengaruh dari persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran al�Quran Hadits kelas X di Madrasah Aliyah al-Fatah Palembang?. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspost Facto, adapun yang menjadi responden dari penelitian ini adalah kelas X yang diambil secara acak dari kelas IIS dan MIA sebanyak 26 siswa dari jumlah keseluruhan. Jenis data yang digunakan yaitu jenis kuantitatif. Adapun teknik teknik pengumpulan data yaitu berupa angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sebelum dianalisis terlebih dahulu data direkapitulasi yang disajikan dalam bentuk tabel prosentasi, untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan rumus Korelasi Kontingensi. Hasil dari penelitian ini, (a) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran al-Quran Hadits kelas X di MA al-Fatah Palembang dikategorikan baik, dari analisis data diperoleh 4 siswa (15%) yang nilainya terkategori tinggi, adapun yang nilai berindikasi sedang sebanyak 18 siswa (70%) dan yang nilainya terkategori Rendah sebanyak 4 siswa (15%). Adapun (b) aktivitas belajar siswanya juga dikategorikan baik, diperoleh prosentase 4 siswa (15%) dengan indikasi tinggi, adapun yang aktivitas belajar dikategorikan sedang sebanyak 18 siswa (70%), dan aktivitas belajar siswa dikategori rendah sebanyak 4 siswa (15%), dan (c) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadits kelas X di MA al-Fatah Palembang, dengan = 0,361 < 0,503 > 0,422. dengan ini maka Ha (Hipotesis Alternatif) terbukti atau dapat diterima dan H0 (Hipotesis Nol) ditolak. artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadits kelas X di MA al-Fatah Palembang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:08 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:08 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12379 |
Actions (login required)
View Item |