PENERAPAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAJI DI MA DARUSSALAM BUMI AGUNG KECAMATAN LEMPUING OKI

hidayah, dwi alfi (2019) PENERAPAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAJI DI MA DARUSSALAM BUMI AGUNG KECAMATAN LEMPUING OKI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP Dwi Alfi Hidayah (14210281).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Media Computer Assisted Instruction (CAI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Haji di MA Darussalam Bumi Agung Kecamatan Lempuing OKI”. Proses pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Fiqh hanya menggunakan metode konvensional mengakibatkan hasil belajar siswa masih tergolong rendah serta siswa kurang berpartisipasi saat proses pembelajaran berlangsung. Melalui hasil penerapan ini bahwa media Computer Assisted Instruction (CAI) dapat meningkatkan semangat belajar bagi siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah penerapan media Computer Assisted Instruction (CAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh materi Haji di MA Darussalam Bumi Agung Kecamatan Lempuing OKI?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Computer Assisted Instructions (CAI), hasil belajar siswa sesudah menggunakan media Computer Assisted Instruction (CAI), dan Mengetahui adakah hasil peningkatan penerapan media Computer Assisted Instruction (CAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh materi Haji kelas X MIA 2 di MA Darussalam Bumi Agung Kecamatan Lempuing OKI. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 di MA Darussalam Bumi Agung Kecamatan Lempuing OKI kelas Eksperimen yang berjumlah 28 orang siswa dan kelas Kontrol berjumlah 27 orang siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah TrueExsperimental design dengan bentuk postest-Only Control design. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji “t”. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut, sdengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (thitung = 4, 69) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (5% = 2,01 dan 1% =2,68) maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar dari pada ttabel yaitu: 2,01<4,69>2,68. Karena thitung yang diperoleh dalam perhitungan adalah lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1%, maka Hipotesis Alternatif diterima. Berarti antara hasil belajar dengan menggunakan media Computer Assisted Instruction (CAI) pada kelas Eksperimen dan hasil belajar dengan tidak menggunakan media Computer Assisted Instruction (CAI) dan pada kelas Kontrol terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 600 Teknologi > Teknologi (umum), Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:26
Last Modified: 27 Sep 2021 07:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12446

Actions (login required)

View Item View Item