PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 55 PALEMBANG

ana, novi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 55 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKIRPSI-B.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran penemuan terbimbing adalah suatu model yang melibatkan perananan aktif siswa dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model penemuan terbimbing dan model konvensional di SMP Negeri 55 Palembang. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah True-Eksperimen design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII 1-7 dan kelas yang dipilih adalah VIII.1 (eksperimen) dan VIII.2 (kontrol). Oleh karena itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur hasil belajar. Sedangkan, analisis data tes menggunakan uji t dua sampel. Berdasarkan pada data diperoleh thitung = dan ttabel dengan taraf signifikan 5%, serta derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 35 + 35 – 2 = 68, sehingga diperoleh ttabel = . Kemudian dari nilai tersebut diperoleh ˃ peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen menggunakan model penemuan terbimbing dengan kelas kontrol menggunakan model konvensional di SMP Negeri 55 Palembang. Kata kunci: Model Penemuan Terbimbing, Hasil belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:34
Last Modified: 27 Sep 2021 07:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12504

Actions (login required)

View Item View Item