ana, novi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 55 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKIRPSI-B.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran penemuan terbimbing adalah suatu model yang melibatkan perananan aktif siswa dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model penemuan terbimbing dan model konvensional di SMP Negeri 55 Palembang. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah True-Eksperimen design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII 1-7 dan kelas yang dipilih adalah VIII.1 (eksperimen) dan VIII.2 (kontrol). Oleh karena itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur hasil belajar. Sedangkan, analisis data tes menggunakan uji t dua sampel. Berdasarkan pada data diperoleh thitung = dan ttabel dengan taraf signifikan 5%, serta derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 35 + 35 – 2 = 68, sehingga diperoleh ttabel = . Kemudian dari nilai tersebut diperoleh ˃ peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen menggunakan model penemuan terbimbing dengan kelas kontrol menggunakan model konvensional di SMP Negeri 55 Palembang. Kata kunci: Model Penemuan Terbimbing, Hasil belajar Matematika Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:34 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12504 |
Actions (login required)
View Item |