PELAKSANAAN PROGRAM MEMBACA AL-QUR’AN DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

SYARIF HIDAYAT, ANTON (2012) PELAKSANAAN PROGRAM MEMBACA AL-QUR’AN DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ANTON SYARIF HIDAYAT (12290005).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Pelaksanaan Program Membaca Al-Qur’an di SMA N 3 Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi karena sekolah sudah unggulan, tentu ini akan menjadi hal yang penting untuk lebih meningkatkan lagi kualitas pendidikan khususnya dalam bidang keagamaan yaitu melalui program membaca al-Qur’an. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan program membaca al-Qur’an di SMA N 3 Palembang, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan program membaca al-qur’an di SMA N 3 Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi. Informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan siswa. Sumber data yang digunakan yaitu data primer adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan siswa, sedangkan sumber data sekunder berupa buku-buku dan dokumentasi sekolah yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: pelaksanaan program membaca al-Qur’an di SMA N 3 Palembang dilaksanakan pada jam 06.40.-07.00. sebelum mulai proses belajar mengajar di dalam kelas. Pelaksanaan program membaca al-Qur’an ini dilaksanakan dengan tata cara membaca ta’awudz, basmalah, dengan dimulainya surah al-fatihah kemudian dilanjutkan dengan membaca al-Qur’an sesuai batas terakhir jurnal siswa dalam pembacaan al-Qur’an. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan program membaca al-Qur’an di SMA N 3 Palembang yang meliputi: adanya kemauan siswa yang ingin ikut serta dalam pelaksanaan program membaca al-Qur’an, sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah, serta adanya kebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah seperti Surat Keputusan (SK) yang diberikan kepada guru agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam pelaksanaan program membaca al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan program membaca al-Qur’an di SMA N 3 Palembang seperti: ketidakhadiran guru di dalam kelas dan keterlambatan siswa datang ke sekolah, sedikitnya waktu yang disediakan sekolah untuk pelaksanaan program membaca al-Qur’an, serta kurangnya guru agama yang ada juga berpengaruh lambannya proses pelaksanaan program membaca al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan program membaca al-Qur’an sudah terlaksana dan sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMA N 3 Palembang, namun semua ini juga tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:01
Last Modified: 27 Sep 2021 08:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12722

Actions (login required)

View Item View Item