UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KERJA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SDN 4 TANJUNG LAGO KEC. TANJUNG LAGO KAB. BANYUASIN

SUBHAN, SUBHAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KERJA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SDN 4 TANJUNG LAGO KEC. TANJUNG LAGO KAB. BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
baB II-III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV-V.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian tindikan kelas ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kerja Kelompok Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sdn 4 Tanjung Lago Kec. Tanjung Lago Kab. Banyuasin. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari peelaksanaan siklus penelitian dianalisa secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang teriadi dalam kegiatan pembetajaran. Dengan menganalisa nilai rata-rata yang diperoleh siswah kemudian diklasifikasikan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil analisis data penelitian dengan pendekatan metode keria kelompok dari pra siklus, siklus I, siklui II, dan siklus III mengalami peningkatan prestasi belajar yaitu 54.89, 63.96, 72.58 dan 76,03 dengan kenaikan hasil belajar pada siklus I, siklus II, dan siklus II adalah 9.07%, 8.62% dan 3.42%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan Pendekatan kerja kelompok pada pembelajaran Pendidikan Agama islam Kelas V Sdn 4 Tanjung Lago Kec. Tanjung Lago Kab. Banyuasin dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama lslam. Adapun saran yang dapat menulis berikan adalah sebagai berikut: setiap siswa siswa mempunyai perbedaan dalam intelegensinya, ada yang tinggi, yang sedang, dan ada yang rendah. Biasanya siswa yang. rendah dalam intelegensinya kemungkinan besar akan memperoleh Hasil yang rendah' untuk itu diperlukan keseriusan dari seorang guru. Guru hendaknya selalu mengingatkan kembali setiap materi yang diberikan kepada para siswa secara berulang dengan harapan siswa yang lemah intetegensinya dapat memahami penjelasan guru. Guru hendaknya menempatkan siswa yang- pintar satu tempat duduk dengan siswa yang kurang dan menempatkan mereka dibarisan depan. Karena mudah dipantau oleh

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:41
Last Modified: 27 Sep 2021 08:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12810

Actions (login required)

View Item View Item