CONTESA, EMILIA (2018) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
EMILIA CONTESA NIM 14210063.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian. Pembelajaran kurang melibatkan interaksi guru dan siswa, pembelajaran kurang aktif, aktivitas siswa kurang dalam pembelajaran, penggunaan model pembelajaran kurang bervariasi, siswa kurang tertarik pada pembelajaran metode konvensional. Rumusan masalah. Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Inovatif serta faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Model Pembelajaran Inovatif di SMA Muhammadiyah 1 Palembang? Tujuan penelitian untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajran Inovatif dan mengetahui faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Model Pembelajaran Inovatif di SMA Muhammadiyah 1 Palembang? Metodologi penelitian menggunakan jenis data lapangan dengan pendekatan kualitatif. Jenis data berupa kata-kata bukan angka karena peneliti menggunakan jenis data kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Data primer, yaitu data dikumpulkan melalui pihak pertama didapat melalui wawancara. Data sekunder, yaitu data pendukung dari bukubuku. Informan penelitian, yaitu guru Pendidikan Agama Islam, waka kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dari pelaksanaan model pembelajaran inovatif di SMA Muhammadiyah 1 Palembang adalah dalam proses pembelajaran guru menggunakan model-model pembelajaran inovatif yang modern atau memperbarui dari media yang sudah ada yang sudah digunakan sebelumnya: Seperti penggunaan proyektor, demonstrasi, kuis, media internet/smartphone, PPT, cooperatif learning, active debate, dan diskusi. Faktor pendorong pelaksanaan model pembelajaran inovatif di SMA Muhammadiyah 1 Palembang: Selain tuntutan Kurikulum 2013 dan perkembangan zaman serta media yang tersedia. Adanya perencanaan atau alat peraga sesuai materi yang diajarkan. Guru yang profesionasl (Kompetensi), fasilitas sarana prasarana yang memadai serta dapat memanfaatkan waktu yang ada. Faktor penghambatnya adalah: Kurangnya kesiapan guru dalam perencanaan, waktu, serta karakter siswa yang berbeda dan kurang penguasaan terhadap model pembelajaran serta keterbatasan pengetahuan guru tentang zaman atau perubahan perubahan yang modern. Kesimpulan dari Pelaksanaan Model Pembelajaran Inovatif di SMA Muhammadiyah 1 Palembang merupakan pelaksanana dari model pembelajaran yang ada diperbaharui di rancang secara lebih modern dengan sengaja melalui perencanan sebelumnya seperti perencanaan alokasi waktu di atur dalam Rencana Proses Pembelajaran (RPP) sehingga dalam proses belajar mengajar tidak terjadi kesenjangan waktu. Bertujuan mempermudah peserta didik menerima materi yang di ajarkan juga mendorong peserta didik lebih kreatif dan berpikir kritis terutama dalam materi Pendidikan Agama Islam (Al-Islam).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:42 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12812 |
Actions (login required)
View Item |