PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN TAHAPAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI MA AL-FATAH PALEMBANG

LINDIA, ICA (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN TAHAPAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI MA AL-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (55kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (276kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (121kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (21kB)

Abstract

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks. Di mana, banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satu faktor tersebut diantaranya adalah penggunaan model pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan tahapan TANDUR. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Tekhnik analisa data menggunakan analisa uji-t. Hasil analisa nilai pretest diperoleh harga thitung yaitu 1,71 kemudian konsultasikan dengan taraf signifikan 1% yaitu 2,69. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung<ttabel atau 1,71<2,69. Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima H1 ditolak. Sedangkan hasil analisa nilai posttest dengan rumus uji-t diperoleh harga thitung sebesar 5,79 kemudian dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 1% yaitu 2,69 setelah dikonsultasikan ternyata thitung>ttabel atau 5,79>2,69. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima H0 ditolak. Disamping itu perhitungan rata-rata kelas eksperimen untuk pretest lebih tinggi yaitu 41,79 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 35. Sedangakan perhitungan rata-rata kelas eksperimen untuk posttest lebih tinggi yaitu 75,79 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 62,69. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa “ada pengaruh yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan tahapan TANDUR dalam pembelajaran Biologi pada materi Protista terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA AL-FATAH Palembang. Kata kunci: Quantum Teaching dengan tahapan TANDUR, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:48
Last Modified: 27 Sep 2021 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12925

Actions (login required)

View Item View Item