UPAYA GURU MENIGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK DALAM MENGENAL HURUF DAN ANGKA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA KELOMPOK BI ROUDHATUL ATHPAL (RA) DESA TANJUNG MENANG KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN

NURMALEHA, NURMALEHA (2014) UPAYA GURU MENIGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK DALAM MENGENAL HURUF DAN ANGKA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA KELOMPOK BI ROUDHATUL ATHPAL (RA) DESA TANJUNG MENANG KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III SETTING WILAYAH PENELITIAN.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V PENUTUP.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Guru Menigkatkan Kemampuan Belajar Anak dalam Mengenal Huruf dan Angka Melalui Metode Picture and Picture pada Kelompok B1 Roudhatul Athpal (RA) Desa Tanjung Menang Musi Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan anak mengenl huruf melalui metode picture and picture pada kelompok B1 Roudhatul Athfal (RA) Aisyiyah Tanjung Menang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Aisyiyah Tanjung Menang yang berjumlah 29 orang anak. Penelitian ini terdiri dari pra siklus dan tiga siklus untuk penerapan metode picture and picture. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil tes yaitu pengamatan terhadap anak – anak pada setiap akhir siklus. Sementara itu instrument nontes berupa lembaran observasi berupa pengamatan terhadap guru dan aktivitas anak selama di dalam kelas. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan hasil data nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil analisis data penelitian metode picture and picture dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan belajar anak dalam mengenal huruf abjad. Dalam setiap siklus hasil belajar anak selalu meningkat dapat di lihat kenaikan begitu pesatnya. Dilihat dari hasil pengamatan kepala sekolah dan teman sejawat dalam kegiatan guru pada saat pembelajaran berlangsung yaitu, pada siklus I mencapai 20, siklus II mencapai 25 dan siklus III meningkat mencapai 31. Kemudian hasil pengamatan kepala sekolah dan teman sejawat terhadap aktifitas anak selama proses pembelajaran berlangsung yaitu siklus I dengan jumlah 10, siklus II meningkat menjadi 16 dan siklus III meningkat dengan jumlah 19. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B1 RA Aisyiyah Tanjung Menang setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan penggunaan metode picture and picture. Dengan menggunakan metode picture and picture anak akan lebih mudah mengenali huruf – huruf, karena metode ini tidak menggunakan hanya satu alat indera tetapi metode ini menggunakan tiga alat indera, dengan tiga alat indera inilah anak dengan mudah dapat mengenal huruf – huruf tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:10
Last Modified: 27 Sep 2021 07:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13006

Actions (login required)

View Item View Item