PENGELOLAAN KELAS DI TK MUTIARA DESA PANCAWARNA KECAMATAN PEDAMARAN TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Santi Asih, TRI (2013) PENGELOLAAN KELAS DI TK MUTIARA DESA PANCAWARNA KECAMATAN PEDAMARAN TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
TRI SANTI ASIH 13270131.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas adalah segala kegiatan guru di kelas yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal dalam terjadinya proses belajar. Dengan demikian, efektifitas pelaksaanaan pengelohan kelas sangat bergantung kepada guru karena guru mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam mengelola kelas dengan baik agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien sehingga dapat tercipta suasana kelas yang menyenangkan bagi peserta didik dalam melangsungkan kegiatan pembelajaran. Mengacu dari uraian tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengelolaan Kelas di TK Mutiara Desa Pancawarna Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten OKI”. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak Mutiara dan Faktor-faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan pengelolaan kelas di TK Mutiara di Desa Pancawarna. Tujuannya untuk mengetahui dan menggambarkan tentang pengelolaan kelas di Tk Mutiara Desa Pancawrana Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten OKI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan teknik analisis kualitatif, data kulitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh dan dan setelah kegiatan mengumpulkan data selesai dilakukan, melalui tiga kegiatan, yakni: reduksi data, penyajian (display), dan data penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung kelokasi penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendektan kualitatif. Dari hasil pengelolaan kelas di TK Mutiara, sekolahan TK Mutiara sudah menjalankan pengelolaan kelas yang berorientasi kepada sarana prasarana dan pengaturan siswa sesuai dengan kebutuhan siswa. Pengelolaan kelas di TK Mutiara sepenuhnya diserahkan kepada kepala sekolah dan guru. Baik pengelolaan kelas yang menyakut perencanaan penataan ruang kelas, perencanaan pengaturan peserta didik, kepala sekolah serta guru sebagai pendidik yang berperan penting dan lebih tau tentang apa yang dibutuhkan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:55
Last Modified: 27 Sep 2021 08:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13027

Actions (login required)

View Item View Item