HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PENGAMALAN AJARAN ISLAM SISWA KELAS IV MIN BITIS KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM

SKARSARI, TITIN (2013) HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PENGAMALAN AJARAN ISLAM SISWA KELAS IV MIN BITIS KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I - 5.rtf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di MIN Bitis Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, terdapat fenomena yang menunjunkan bahwa adanya siswa yang memiliki suasana belajar yang cukup baik, sementara pengamalan dengan ajaran Islam sangat rendah, dan terdapat fenomena yang menunjukan bahwa adanya siswa memiliki kreativitas belajar yang cukup baik, sementara pengamalan terhadap ajaran lslam sangat rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih dikelas IV MIN Bitis Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim? bagaimana pengamalan ajaran Islam siswa kelas iv MIN Bitis Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim ? dan bagaimana hubungan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih dengan pengamalan ajaran Islam dikelas IV Min Bitis Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim ? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas siswa dalam mata pelajaran fiqih dikelas IV min bitis kecamatan gelumbang kabupaten muara enim? Untuk mengetahui pengamalan ajaran Islam siswa kelas IV di min bitis kecamatan gelumbang kabupaten muara enim ? dan untuk mengetahui bagaimana hubungan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih dengan pengamalan ajaran Islam dikelas IV min bitis kecamatan gelumbang kabupaten muara enim ? Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dengan teknik analisa kuantitatif yaitu menguraikan data-data yang dapat dihitung dengan angka-angka dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, kreativitas siswa dalam proses pembelajaran fiqih setelah dianalisa dengan mean, standar deviasi, TSR dan distribusi frekuensi adalah dalam kategori sedang, yaitu 14 responden (39%) yang menyatakan demikian. Kedua, pengamalan ajaran agama Islam siswa setelah dianalisa dengan mean, standar deviasi, TSR dan distribusi frekuensi adalah dalam kategori sedang, yaitu 17 responden (47%), Responden yang dalam kategori tinggi 5 orang responden (14%) dan dalam kategori rendah yaitu 14 responden (39%). Ketiga, ada korelasi positif yang signifikan antara hubungan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran fiqih dengan pengamalan ajaran agama Islam siswa. Hal ini dapat diketahui dari besarnya indeks korelasi (rxy) atau ro = 1,225 adalah lebih besar dari tabel ( yang besarnya 0,325 dan 0,418 yaitu 0,325 < 1,225 > 0,418. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas belajar siswa Dalam mata pelajaran fiqih dengan pengamalan ajaran Islam dikelas IV MIN Bitis Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:13
Last Modified: 28 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13157

Actions (login required)

View Item View Item