HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMA AISIYAH 1 PALEMBANG

novriansyah, marfiz (2014) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMA AISIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1 SKRIPSI MARFIZ.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI MARFIZ.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI MARFIZ.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (85kB)

Abstract

Peranan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi dunia pendidikan sangat begitu besar. Media teknologi informasi salah satu alat pendukung dalam proses pendidikan disekolah dan salah satu unsur mendukung guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan bantuan media teknologi informasi tersebut dapat menunjang siswa dan guru terutama dalam kaitannya dengan efektifitas proses pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Efektifitas Pembeljaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Aisiyah 1 Palembang. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, adapun yang menjadi sampling dalam penelitian ini sebanyak 76 responden. Untuk mendapatkan data, penulis menyebarkan angket tentang Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Angket tentang Efektifitas Pembelajaran PAI. Untuk analisis sendiri penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, pertama, penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dapat dikatagorikan sedang, terbukti dari 76 siswa sebagai responden terdapat 63 orang atau 83% menyatakan sedang, dikatagorikan sedang karena media media pembelajaran sudah mampu untuk membantu proses pembelajaran., kedua, Efektifitas pembelajaran PAI di SMA Aisiyah 1 Palembang tergolong sedang karena hal ini terbukti dari hasil angket yang disebarkan, dan didapatkan 76 orang atau 100% yang menyatakan sedang, karana efektifitas pembelajaran pai memberikan kontribusi terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Aisiyah 1 Palembang, dengan perhitungan hasil korelasi product momentnya sebesar 0,9845 jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi t ( t tabel ) maka pada taraf signifikansi 5% adalah 0,3787 dan pada taraf 1% 0,449. Ini berarti hipotesis penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukan bahwa hubungan antara media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap efektifitas pembelajaran PAI mempunyai hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi informasi mempunyai hubungan yang positif dengan efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMA Aisiyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:18
Last Modified: 28 Sep 2021 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13234

Actions (login required)

View Item View Item