UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA-USAHA PERKEMONOMIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA ANAK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH QUR’ANIAH 8 PALEMBANG

Sunidi, Muhammad (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA-USAHA PERKEMONOMIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA ANAK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH QUR’ANIAH 8 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang penyebab lemahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS yang berdampak pada hasil belajar siswa yaitu belum optimalnya penggunaan metode atau model yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran oleh karena itu berdasarkan hasil diskusi dengan guru teman sejawat di sekolah, dapat dikemukakan asumsi yang menjadi alasan rendahnya hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS, yaitu kurangnya penekanan terhadap pemIlihan metode belajar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha perekonomian dengan menggunakan model make a match pada siswa kelas V MI Qur’aniah 8 Palembang dan apakah penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi jenis�jenis usaha perekonomian di kelas V MI Qur’aniah 8 Palembang? Sementara tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha perekonomian dengan menggunakan model make a match pada siswa kelas V MI Qur’aniah 8 Palembang dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi jenis-jenis usaha perekonomian dengan menerapkan model make a match di kelas V di kelas V MI Qur’aniah 8 Palembang Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Qur’aniah 8 Palembang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil tes dan observasi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat di ambil penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha perekonomian karena hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkanya model Make A Match terjadi peningkatan yang siginifikan. Hal ini dapat dilihat dari : Hasil Belajar Berdasarkan Total Nilai. Sebelum diterapkannya model Make A Match total nilai siswa dikelas VII hanya 1755 kemudian pada siklus 1 naik menjadi 2065 dan pada siklus 2 naik secara signifikan menjadi 2380. Hasil Belajar Berdasarkan Nilai Rata-Rata. Peningkatan nilai, di mana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 58.5, hasil perbaikan siklus I menjadi 68.8 dan pada siklus II menjadi 79.3. Hasil Hasil Belajar Berdasarkan Ketuntasan. Perolehan ketuntasan pada pra siklus hanya 3 anak yang tuntas kemudian pada siklus 1 anak yang tuntas bertambah menjadi 16 anak kemudian pada siklus 2 anak yang tuntas meningkat signifikan menjadi 29 anak. Dan menyisakan satu anak yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:23
Last Modified: 28 Sep 2021 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13306

Actions (login required)

View Item View Item