PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTS NEGERI PRABUMULIH

WIDAYANI, ASTRI (2012) PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTS NEGERI PRABUMULIH. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
BAB I.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran yang baik dan serasi, tidak membosankan secara efektif dan efisien sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Penerapan metode pembelajaran yang efektif adalah langkah yang paling penting dalam rangka mencapai kualitas pembelajaran sehingga meningkatkan prestasi belajar yang baik. Oleh karena itu, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum menggunakan metode ekspositori, bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sesudah menggunakan metode ekspositori, dan apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum dan sesudah menggunakan metode ekspositori. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum menggunakan metode ekspositori, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sesudah menggunakan metode ekspositori, dan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum dan sesudah menggunakan metode ekspositori. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dalam eksperimen. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih yang berjumlah 332 orang, terdiri dari 9 kelas dan sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah kelas unggulan yaitu kelas VII.4 yang berjumlah 34 orang. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, eksperimen, dan metode tes. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan analisis deskriftif kuantitatif yaitu suatu penjabaran yang memerlukan pengolahan data dengan menggunakan statistik. Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian adalah hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum diterapkannya metode ekspositori adalah dalam kategori sedang yaitu dengan prosentase 52,94%. Setelah diterapkannya metode ekspositori, hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Prabumulih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah dalam kategori sedang yaitu 64,71%. Dan terdapat perbedaan yang signifikan dan ini berarti metode ekspositori secara signifikan telah dapat menunjukkan keampuhan atau efektivitasnya sebagai metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ini berdasarkan hasil analisis statistik bahwa nilai adalah lebih besar daripada , yaitu : 2,03 < 28,89 > 2,72.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:35
Last Modified: 28 Sep 2021 02:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item View Item