ANILA, DIAN (2012) STUDI TENTANG KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DAN UPAYA GURU DALAM MENGATASINYA DI SMA NU PLAJU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I.doc Download (214kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (79kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (121kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (184kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (31kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “ STUDI TENTANG KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DAN UPAYA GURU DALAM MENGATASINYA DI SMA NU PLAJU PALEMBANG”. Banyak siswa yang menunjukan tidak dapat mencapai hasil belajar sebagaimana mestinya. Beberapa siswa menunjukan nilai-nilai yang rendah meskipun telah diusahakan sebaik-baiknya oleh guru. Dilihat dari fakta tersebut penulis merasa perlu untuk meneliti mengapa hal tersebut terjadi. Siswa yang mengalami kesulitan belajar akan mempengaruhi terhadap hasil yang akan di capai. Kesulitan belajar adalah keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya sehingga sulit menerima atau menyerap pelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa di SMA NU Plaju Palembang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA NU Plaju Palembang dan upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA NU Plaju Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu dengan rumus persentase P= x 100, maksudnya semua jawaban responden akan dibagi dengan seluruh responden yang akan diteliti dan dikali 100. Hasil jawaban tersebut itulah yang akan menjadi persentase siswa dari setiap angket yang diberikan. Selanjutnya akan dianalisa dengan analisis statistic dengan rumus Tinggi, Sedang, Rendah (TSR).. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data berupa wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini pertama, Kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa di SMA NU Plaju Palembang yaitu 4 (13%) siswa termasuk dalam kategori tinggi ( nilai di atas 24 ke atas), 22 (74%) siswa termasuk dalam kategori sedang ( nilai antara 19-24), dan dalam kategori rendah 4 orang siswa ( 13%) ( nilai di bawah 19). Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kesulitan-kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa di SMA NU Plaju Palembang yaitu, 3 (10%) siswa termasuk dalam kategori tinggi ( nilai 25 ke atas), 24 (80%) siswa termasuk kategori sedang ( nialai antara 19-25), dan 3 oarang siswa (10%) dalam kategori rendah ( niali 19 ke bawah). Ketiga, upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah guru menyuruh siswa untuk membaca dan menulis ayat Al-Qur’an di depan kelas dan memberikan PR menulis potongan ayat Al-Qur’an di karton, mengadakan tanya jawab dengan cara games, memberikan tugas kepada siswa agar siswa dapat belajar dan lebih memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 02:57 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 02:57 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13565 |
Actions (login required)
View Item |